Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89, Ciptakan Pemuda Berani Bersatu

Danlanal Bengkulu, Letkol Laut, Agus Izhudin, ST saat bertindak sebagai Inspektur upacara
Danlanal Bengkulu, Letkol Laut, Agus Izhudin, ST saat bertindak sebagai Inspektur upacara

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – 28 Oktober merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Moment ini dikenang sebagai moment bangkitnya para pemuda dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Ini juga yang menjadi titik awal dari tumbuhnya rasa persatuan dan kesatuan diantara pemuda di seluruh Indonesia. Hal ini disampaikan Danlanal Bengkulu, Letkol Laut, Agus Izhudin, ST saat bertindak sebagai Inspektur upacara dalam peringatan hari Sumpah Pemuda di halaman Kantor Wali Kota Bengkulu, Senin (30/10/2017).

“Pernahkah kita bayangkan bagaimana para pemuda tersebut bertemu, berdiskusi, mematangkan diri hingga mengikrarkan diri dalam kesatuan Indonesia,” papar Danlanal.

Undangan upacara

Dalam acara yang mengusung tema “Kita Ciptakan Pemuda Berani Bersatu” ini, Danlanal juga menceritakan sekilas perjalanan sejarah yang menjadikan sumpah pemuda sebagai seauatu yang sangat penting untuk dijiwai. Menurut Danlanal, keberanian untuk bersatu, merupakan kunci menuju Indonesia Emas atau kejayaan. Pasalnya, ditambahkan Danlanal, saati banyak ditemukan pemuda yang berselisih paham dan mudah terpecah belah.

“Bung Karno pernah menyampaikan jangan warisi abu sampah pemuda, tapi warisi api sumpah pemuda. Pesan ini sangat mendalam bagi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, usai upacara, Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Marjon yang diwawancarai wartawan berpesan kepada pemuda untuk membangun Indonesia khususnya Kota Bengkulu. Ia mengingatkan, agar pemuda selalu menjaga kekompakan, demi mewujudkan Indonesia yang aman dan damai

“Mari jaga kekompakan, dengan menciptakan suasana aman dan nyaman agar tercapai tujuan pemerintah,” ujarnya.

Peserta upacara
Baca Juga