Bengkulu News #KitoNian

Kepahiang Masuk Zona Merah Survei Kepatuhan Ombudsman

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Bengkulu, Herdy Puryanto

BENGKULU – Ombudsman merilis daftar kabupaten di Bengkulu berdasarkan hasil survei tingkat kepatuhan pelayanan publik tahun 2018. Dalam daftar tersebut, Kabupaten Kepahiang menjadi satu-satunya daerah dengan tingkat kepatuhan berada di zona merah.

“Survei ini melihat sisi kepatuhan daerah dalam memenuhi standar pelayanan publik, hasilnya beberapa daerah masuk zona hijau dan kuning, sementara Kepahiang ada dalam zona merah,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman RI Bengkulu, Herdy Puryanto dalam pers rilis “Catatan Akhir Tahun Ombudsman” di salah satu hotel Kota Bengkulu, Kamis (27/12/2018).

Daftar tersebut menunjukkan Kabupaten Lebong dan Kabupaten Mukomuko berada di Zona Hijau. Tiga kabupaten lainnya yakni, Bengkulu Selatan, Rejang Lebong dan Bengkulu Tengah berada di Zona Kuning. Sedangkan Kepahiang berada di urutan terakhir dengan tingkat kepatuhan yang masih rendah.

Disampaikan Herdy, survei kepatuhan ini difokuskan pada intansi yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik. Seperti Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Keduanya dinilai berdasarkan kepatuhannya menjalankan amanat undang-undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009.

“Dalam melayani itu harus ada standar pelayanan. Nah kita melihat, patuh tidak penyelenggara layanan ini dengan undang-undang,” sampai Herdy.

Dilanjutkan Herdy, daerah yang masih berada di zona kuning dan merah akan di dorong untuk memenuhi standar pelayanan publik, hingga masuk ke zona hijau pada survei di tahun 2019 mendatang. Ombudsman, katanya, akan menyampaikan hasil ini pada instansi yang berwenang agar dapat diperbaiki.

Setelah survei tingkat kepatuhan ini usai, daerah diwajibkan untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya yakni survey kepusasan masyarakat. Survei ini dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017.

“Kita sampaikan untuk dievaluasi ke Biro Organisasinya, harapan kita di tahun 2019 sudah masuk di zona hijau. Target kita kedepan, teman-teman di pemerintahan telah memenuhi standar kepuasan masyarakat,” demikian Herdy.

Baca Juga
Tinggalkan komen