Logo

Gelar Debat, Fakultas Hukum UMB Bangkitkan Jiwa Kritis Mahasiswa

Debat mahasiswa yang berlangsung panas dan seru

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Dalam perayaan ulang tahun ke 9, Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), gelar debat mahasiswa di kampus IV UMB, Kamis (28/12/2017). Menurut Dekan FH UMB, Dr. Susyanto, M.Si, debat ini merupakan latihan untuk melatih dan membangkitkan jiwa kritis mahasiswa.

Dikatakannya, hal ini selaras dengan tema yang diusung pada ulang tahun ke 9 ini yakni “Mencerdaskan dan Meningkatkan Kreatifitas Generasi Muda dalam Membangkitkan Negeri”. Dirinya ingin mahasiswa dapat maksimal memunculkan potensi diri, agar dapat menjadi generasi bangsa yang kuat.

“Saya sangat mendukung adanya kegiatan ini, bila perlu ini dilakukan secara rutin,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, lomba debat ini juga jadi pemanasan bagi mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi debat konstitusi mahasiswa, yang akan digelar pada bulan Januari nanti.

“Januari nanti, ada seleksi debat konstitusi mahasiswa yang akan diikuti seluruh Universitas se-Provinsi Bengkulu, jadi harus banyak-banyak pemanasan dulu seperti yang digelar hari ini,” ujar Susyanto.

Perayaan ulang tahun ke 9 ini akan berlangsung dari tanggal 28 sampai 2 Januari mendatang. Selain debat, FH juga menggelar beberapa cabang perlombaan lagi, seperti, akustik dan pertandingan futsal piala bergilir Dekan Cup FH.

Kegiatan mahasiswa yang berbentuk akademik seperti ini, lanjut Susyanto, memang sangat banyak manfaatnya. Selain juga ini sebagai ajang silaturahmi dan perkuat persaudaraan terhadap mahasiswa.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum UMB, Anggi Kurniawan, menambahkan, pertandingan futsal akan mulai dilaksanakan, Jumat (29/12/2017) di lapangan futsal kampus I UMB.

“Akhir acara pada tanggal 2 Januari nanti, akan diisi dengan akustik dari kawan-kawan,” tutupnya.

Pada perayaan ulang tahun ke 9 FH ini, ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Dekan FH UMB yang disaksikan ratusan mahasiswa UMB.