Penerima Rastra akan Didata Ulang

Ilustrasi
Ilustrasi

KOTA BENGKULU – Dinas Sosial dan Bulog Drive Provinsi Bengkulu akan memperbaharui ulang data penerima beras sejahtera untuk masyarakat kurang mampu yang disalurkan secara gratis. Pembaharuan ini sesuai dengan petunjuk Kementerian Sosial RI, untuk meminimalisir adanya data warga kurang mampu yang tercecer.

“Jadi sesuai dengan petunjuk di kementrian sosial RI dimungkinkan bahwa ada data yang tercecer dan ada yang berhak tapi belum mendapatkan akan kita usulkan dan mekanisme nya kita buka untuk ditambahkan sepanjang data itu sudah valid,” ungkap Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu Iskandar ZO, Rabu (25/2/2018)

Selain itu, sambung Iskandar, hal ini dilakukan untuk mengutamakan hak masyarakat agar tidak dirugikan dan terabaikan melalui mekanisme pembaharuan data agar yang belum dapat untuk diusulkan.

“Jadi target dari uji data dilapangan bagi yang kita temukan masyarakat yang berhak untuk menerima rastra tetapi belum terdata akan kita usulkan kembali,sedangkan bagi masyarakat yang sudah terdata namun sudah masuk kategori sejahtera akan kita hapus namanya sebagai penerima rastra gratis ini,” pugkasnya.

Di sisi lain Kepala Bulog Drive Provinsi Bengkulu Dedi Sabetra mengatakan, upaya pendataan ulang penerima beras sejahtera oleh dinas sosial sebagai langkah yang baik dan harus didukung.

“Dari komunikasi kita dengan dinas sosial, bagi yang belum menerima rastra itu bisa diajukan kembali tentunya Bulog pasti mendukung itu dan insyaAllah kedepan Bulog akan lebih baik lagi agar masyarakat keluhan dari masyarakat dapat kita penuhi,” jelasnya.

Kemudian,lanjut Dedi mengungkapkan Bulog, dinsos dan satgas pangan harus lebih tanggap dengan masalah-masalah yang terjadi dilapangan seperti pengecekan kualitas beras yang dibagikan serta kelayakan penerima rastra.

“Dari masalah-masalah yang kita temukan dilapangan menjadikan silaturahmi juga untuk dinsos,Bulog dan satgas agar kedepannya lebih tanggap,” demikian Dedi.

Baca Juga
Tinggalkan komen