Logo
Dempo Xler

Bupati Bengkulu Utara Serahkan SK GBD Tahun 2017

Foto bersama usai penyerahan SK GBD

Foto bersama usai penyerahan SK GBD

Foto bersama usai penyerahan SK GBD

BENGKUKU UTARA, bengkulunews.co.id – Seluruh Guru Bantu Daerah (GBD) di Bengkulu Utara (BU) menerima Surat Keputusan (SK) untuk melanjutkan sebagai tenaga pengajar di kalangan pendidikan, mulai dari Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP).

SK GBD ini diserahkan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara serta Kepala Dinas Pendidikan BU di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Selasa (28/2/2017).

Dalam penyampaiannya, Bupati BU, Ir. Mian, mengatakan, pihaknya memberikan SK GBD ini secara simbolis supaya tidak ada hambatan lagi para GBD untuk melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pengajar.

“SK yang kami serahkan ini hanya di tingkat TK, SD dan SLTP saja. Kalau tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat lainnya itu sudah masuk kewenangan provinsi,” kata Bupati.

Selain itu, Bupati Bu juga menyampaikan, tujuan pihaknya supaya para GBD ini dapat membantu. Karena, guru Aparatur Sipil Negara (ASN) masih tergolong kurang.

“Akan tetapi, jangan sampai mentang-mentang ada GBD, mereka enak-enak kumpul jadi satu dan malas-malasan. Untuk itu semuanya kami tegaskan, upaya kami untuk memetakan seluruhnya tidak bisa semudah membalik telapak tangan.

“Saya tidak mau terima alasan yang sifatnya manusiawi dengan keluarga dan ikatan kerja sama, suami dan sebagainya. Harapan saya secara perlahan kita bisa menatakan,” lanjutnya.

Intinya, lanjut Bupati, pihaknya ingin supaya Diknas bisa cepat tanggap, masuk di bulan Maret ini semua honor GBD bisa dibagikan dan ini bisa diterima tiap bulan serta setiap waktu untuk ke depannya.

“Saya sebagai pimpinan ingin sekali menaikin gaji para GBD ini, siapa yang tidak ingin mereka semuanya sejahtera. Tetapi kan kita sesuaikan dengan keuangan daerah,” ujarnya.

Diharapkan, beban GBD untuk SMA dan lainya ini bisa berkurang. Tentu bila anggaran memungkinkan.

“Bisa saja kita upayakan untuk kenaikan gaji para GBD TK, SD, dan SLTP, kalau kita kaji kenaikan seratus ribu saja dengan sekian banyak GBD, kualahan juga kita,” tutup Mian.