Logo

Fahrudin: Bila Terjadi Apa-Apa, TKI yang Membandel Bukan Tanggung Jawab Kami

Fahrudin

Fahrudin

Fahrudin

BENGKULU UTARA, bengkulunews.co.id – Upaya Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Disnakertrans) Bengkulu Utara (BU) untuk mengurangi permasalahan tenaga kerja yang sedang dirundung masalah terus dilakukan. Disnakertrans sudah sosialisasi dari seluruh kecematan yang ada di Kabupaten Bu sampai ke desa-desa.

Kepala Disnakertrans BU, Fahrudin, mengatakan, untuk itu bagi siapa saja yang mau berangkat menjadi TKI dan TKW keluar negeri hanya ada lima perusahaan yang memenuhi syarat dan legalitas yang jelas di Propinsi Bengkulu.

“Ada di kantor Disnakertrans Propinsi Bengkulu, kalau di BU hanya mengurus izin rekomendasi pasport calon TKI saja,” ungkapnya.

Lanjut Fahrudin, jika selama ini banyak TKI yang mengalami masalah karena PT yang keabsahanya masih dinilai tidak jelas. TKI juga banyak mengalami kendala lantaran ada calo ataupun rekrut yang tidak jelas.

“Bila nanti masih ada TKI yang membandel, tidak mendaftar dari perusahaan yang legal, bila terjadi apa-apa kami dari Disnakertrans tidak bertangungjawab. Tetapi kalau memang sudah mendaftar dengan perusahaan yang legal tentu kami akan mengecek lagi dan kami keluarkan izin rekom dengan cepat,” tutup Fahrudin.