Logo
Dempo Xler

Tips Pantang Mundur Menangkan Lomba Debat Bahasa Inggris dari Peserta NSDC Bengkulu

Lady Serenity. Foto, Dwinka/BN

Lady Serenity. Foto, Dwinka/BN

BENGKULU – Juara II Lomba National Schools Debating Championship Provinsi Bengkulu tahun 2023, Lady Serenity mengungkap trik untuk menjadi pemenang NSDC.

Meski hanya menduduki juara kedua, siswi yang akrab disapa Seren itu mengaku telah melakukan sejumlah persiapan, termasuk menyusun langkah agar berhasil menjadi juara walaupun tanpa pengalaman.

“Seperti kami bertiga, tidak ada yang berpengalaman dalam debat terutama debat bahasa Inggris. Bahkan dipilih untuk mewakili sekolah saja sudah sangat terkejut, karena tidak ada bekal apa-apa,” ungkap Seren, Rabu (17/5/2023).

Seren menyebut awalnya sempat berkecil hati. Perasaan ini muncul setelah melihat sejumlah peserta yang berasal dari sekolah bergengsi di Provinsi Bengkulu.

“Kami juga sempat berkecil hati, ketika tahu kalau harus bertanding melawan sekolah-sekolah lain yang sudah banyak pengalamannya. Awalnya kami sangat pasrah namun karena tidak ada pilihan lain, jadi kami coba untuk menjalaninya dulu,” katanya.

Namun, perwakilan SMA Sint Carolus ini tetap berlatih dan mencoba menghalau kekhawatiran yang mengganggu. Cara ini akhirinya mengantarkan mereka untuk menjadi salah satu yang terbaik.

“Namun dengan waktu yang pas-pasan dan fasilitas yang sangat terbatas kami terus berlatih. Hingga kami bisa mencapai hasil yang tidak bisa kami bayangkan saat awal mula diseleksi untuk kompetisi ini,” sambung Seren.

“Jika kami memilih untuk mundur saat itu, kami tidak akan ada di posisi ini sekarang. Kita tidak akan tahu apa yang akan kita dapat atau kita lewatkan sebelum kita melaluinya,” demikian Lady Serenity. (Advetorial)