Logo

Kecintaannya Pada Bahasa Ibu Membawa Faldzah Menjadi Wakil Bengkulu di Tingkat Nasional

BENGKULU – Faldzah Naadira merupakan siswi yang saat ini tengah duduk di bangku kelas 12 SMAN 02 Bengkulu ini, memiliki kecintaan akan Bahasa Ibu. Menurutnya Bahasa Indonesia memiliki sesuatu yang menarik, sehingga ia ingin mendalaminya.

Minatnya terhadap Bahasa Indonesia membuat ia belajar secara otodidak, dilengkapi dengan mengikuti ekskul debat di sekolah. Sehingga kemampuannya semakin terasah, ia pun sudah mempersiapkan diri sejak duduk di bangku kelas 10.

“Aku suka Bahasa Indonesia karena itu Bahasa Ibu, jadi tertarik mendalaminya. Belajar Bahasa Indonesia juga seru menurutku, karena bisa mengeksplore banyak bidang lain seperti public speaking,” kata Faldzah pada Bengkulunews.co.id Jum’at (15/09/23) siang.

Tentunya banyak ritnangan yang Ia hadapi, terkhusus saat menjalani setiap perlombaan. Pada Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) se Provinsi 2023, ia mengalami sedikit kendala. Kendala tersebut terdapat dari sistem penilaian, jika tahun lalu jurinya adalah mahasiswa maka pada lomba tersebut dosen salah satu Universitas Bengkulu yang menilai mereka.

Sehingga Ia mengaku lebih cemas namun juga bersemangat, belum lagi kendala waktu hingga seleksi yang dilakukan secara langsung antar sekolah di beberapa daerah Bengkulu. Membuat ia dan timnya harus bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi sekolah.

“Nah kita diberikan waktu cuman seminggu, setiap hari itu latian. Terus juga kita latihan lewat online dan G-meet serta otodidak. Sampai pernah juga latihan bersama teman-teman SMA N 5 dan di hari lomba tingkat provinsi ini kita tetap latihan setiap malam. Kita masih baca-baca sebelum tidur,” ungkapnya.

Kesulitan lainnya yang ia dapatkan adalah pemilihan bahasa baku dan tidak baku, walaupun begitu ia tetap terus belajar untuk dapat mendalaminya. Proses panjang yang ia lalui dari tidak mengerti apa-apa seperti cara berkompetisi hingga berada di titik saat ini, membuat dirinya merasa bersyukur dapat belajar mengenai bahasa dan membawanya menuai sederet prestasi.

Sederet pencapaian yang telai Ia raih sebagai berikut :

  1. Delegasi Provinsi Bengkulu pada Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Nasional 2022.
  2. Delegasi Provinsi Bengkulu pada Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Nasional 2023.
  3. Beberapa kali Juara lomba debat didalam provinsi Bengkulu.

Faldzah yang kerap disapa Dira ini tengah fokus mengarahkan diri untuk semakin memperdalam public speaking, serta dapat mengikuti banyak perlombaan baik tingkat Provinsi hingga Nasional.

“Sekarang aku fokus mengasah kemampuan public speaking dan berbahasa, tidak hanya Indonesia tetapi juga Inggris. Serta akan lebih sering mengikuti lomba-lomba provinsi maupun nasional, kemudian harapan kedepannya semoga di daerah Provinsi Bengkulu bisa lebih banyak dukungan untuk remaja remaja untuk mengasah bakatnya,” pungkasnya.