Logo
Dempo Xler

Berkali-kali Kalah dan Demam Panggung Tidak Menghentikan Rafly Menoreh Prestasi

Juara 1 LDBI Provinsi Bengkulu, Muhammad Rafly Dwi Andika. Foto, dok/BN.

Juara 1 LDBI Provinsi Bengkulu, Muhammad Rafly Dwi Andika. Foto, dok/BN.

BENGKULU – Muhammad Rafly Dwi Andika atau akrab disapa Rafly, memiliki kekaguman akan Bahasa Indonesia. Menurutnya warga asal Curup ini, Bahasa Indonesia merupakan alat pemersatu bangsa, terlebih jika setiap orang memiliki kepahaman maupun kelancaran dalam berbahasa maka akan banyak kemudahan yang bisa dijumpai.

Rafly sebenarnya bukanlah orang yang pandai berbicara di depan umum. Ia akan merasa grogi jika sudah ditatap banyak orang. Oleh karena itu ia ingin mempelajari lebih dalam mengenai Bahasa Indonesia.

“Waktu di SMPN satu Rejang Lebong, aku saat itu tidak terlalu berprestasi dan hanya menjadi siswa biasa. Namun pada saat SMA aku mulai mengembangkan bakat dan skill ku. Awalnya aku tidak bisa bicara, seperti grogi jika berbicara di depan orang banyak. Kemudian kakak kelas menyarankan untuk berbicara di depan cermin,” kata Rafly saat diwawancarai Bengkulunews.co.id Jum’at (15/09/23) siang.

Lewat usahanya tersebut rasa tidak percaya dirinya perlahan seperti terkikis, bahkan ia berani untuk mengikuti lomba. Lomba pertamanya saat itu adalah PEACE (Pekan Ilmiah Cendana) dalam kegiatan CENADAR FAIR SMAN Lima Kota Bengkulu. Sayangnya timnya mengalami kekalahan.

Berbagai kendala mereka hadapi, tidak mudah berada di posisi sekarang. Mereka mengalami empat kekalahan berturut-turut rasa kecewa melanda hatinya. Bahkan jika pada perlombaan ke lima pada acara tersebut mereka juga kalah, Ia dan timnya akan vacuum. Namun perjuangan mereka menghasilkan buah manis, siapa sangka pada pertandingan ke lima mereka justru mendapatkan juara satu.

Usaha terbaik yang mereka berikan rupanya tidak sia-sia, justru membawa FLY TEAM terus melaju menggapai beberapa piala dalam setiap pertandingan. Tentu kendala sering mereka alami, terutama perihal bahasa baru jarang digunakan bahkan ada diksi baru yang baru didengar.

Lewat pendalalam Bahasa Indonesia juga Ia belajar banyak hal, mulai dari pribahasa, diksi san lainnya. Baginya bahasa Indonesia memberikan banyak pelajaran untuk menunjang kemudahan dalam menjalani kehidupan. Hal tersebut dapat dilihat dalam segi debat, bahasa Indonesia mengajarkan dirinya untuk dapat berbicara dengan baik dan benar di muka umum atau publik dengan memberikan argumen terkait dengan mosi.

Lewat pengalamanya Ia berhasil memetic sejumlah prestasi dari perjuangannya, seperti :

  1. JUARA 3 DESAN POSTER TINGKAT NASIONAL UNIB 2022
  2. JUARA 1 LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA MGMP TINGKAT KOTA 2022
  3. JUARA 3 LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA YEF UNIB TINGKAT PROVINSI 2022
  4. JUARA 3 LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA MUARA 8 TINGKAT PROVINSI 2023
  5. JUARA 2 LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA ICC 9.0 TINGKAT PROVINSI 2023
  6. JUARA 1 LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA MAHONI TINGKAT PROVINSI 2023
  7. JUARA 1 LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA HKI TINGKAT PROVINSI 2023
  8. 4th RUNNER UP MISTER TEEN dan MISTER TEEN INTELLIGENCE
  9. PERINGKAT 1 KELAS SEMETER 1-4
  10. MASTER OF CEREMONY CENDANA FAIR XXI
  11. JUARA 1 LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA(LDBI) TINGKAT PRPROVINSI
  12. JUARA 1 LOMBA PIDATO JAMBORE LITERASI TINGKAT PROVINSI

Rafly dan temannya saat ini tengah fokus dalam beberapa event debat, sembari mempersiapkan diri sebelum bertempur mengejar cita citanya. Ia berharap dapat mengembangkan kemampuannya untuk menghasilkan prestasi yang lebih banyak lagi.

“Aku saat ini ingin fokus mengejar cita cita dan mewujudkan harapan orang tua, juga harapanku yang telah dibangun sejak lama. Kemudian tujuanku kedepannya adalah ingin terus mengembangkan skill dan bakatku untuk menghasilkan berbagai prestasi dalam berbagai bidang, guna menyongsong GENERASI EMAS 2045. Semoga apa yang aku harapkan dapat tercapai, dapat menjadi orang sukses, serta. Bisa mengembangkan skill dan bakatku, serta berharap kemampuan yang dimiliki dapat berguna bagi semua orang,” tutup Rafly.