Bengkulu News #KitoNian

Cheryl Callista Bangkit dari Kegagalan, Maju Menjadi Pemenang

Cheryl Callista Dharmawan . Foto, dok/BN.

BENGKULU – Cheryl Callista Dharmawan yang kini tengah bersekolah di SMA Sint Carolus ini sedari kecil memang gemar dengan Bahasa Inggris. Terlihat ketika kecil dirinya memilihi menonton film menggunakan Bahasa Inggris, berbeda dari anak seusianya.

Tidak jarang juga dirinya berdialog menggunakan Bahasa Inggris bersama orangtua dan saudaranya, jika sedang di rumah. Hal tersebut melatih dirinya fasih dalam berbahasa inggris sedari dini, ditambah Ia pernah bersekolah dan mengikuti playgroup di International School.

“Saya tidak mengikuti kursus ataupun les bahasa Inggris. Saya bisa bicara bahasa Inggris cukup lancar, karena sempat sekolah dan mengikuti playgroup di international school. Serta membaca artikel atau buku  berbahasa Inggris. Selain itu Keluarga saya juga cukup sering bicara dengan saya dalam Bahasa Inggris,” tutur Cheryl saat diwawancarai Bengkulunews.co.id Selasa (12/09//23) siang.

Meski begitu Ia juga masih menemukan kendala dalam berbahasa Inggris. Terlebih saat dirinya duduk di bangku kelas satu Sekolah Dasar (SD), nilai Bahasa inggrisnya tidak tuntas. Rasa sedih melanda hatinya kala itu, namun Ia kembali bersemangat dan memberikan motivasi pada diri agar dapat belajar lebih giat.

Tidak berhenti disana kegagalan kembali Ia alami, ketika menjadi perwakilan sekolah untuk mengikuti  lomba scrabble. Dirinya harus menerima kekalahan, kejadian tersebut membuat dirinya terpuruk. Namun kesempatan menghampirinya dan hal tersebut membuat Cheryl berani untuk kembali melangkah setelah terpuruk.

Ia kembali memberanikan diri untuk mengikuti lomba speech di sekolah, kala itu Cheryl belajar dengan temannya Lady Serenity yang pernah mengikuti OSTARNAS. Kehadiran Lady juga menjadi salah satu pengaruh terpacunya motivasi baginya.

“Maka dari itu Lady membantu saya dalam menyusun speech, memberi motivasi dan mengajari saya untuk membawakan speech dengan baik,” jelasnya.

Siapa sangka pertemanan keduanya terus terjalin bahkan menjadi rekan satu tim dalam lomba NSDC (National Schools Debating Championship) bersama Claudia Leovania sebagai perwakilan sekolah. Mereka berkesempatan mengikuti lomba NSDC se Provinsi Bengkulu 2023 dan berhasil meraih posisi ke dua.

Berkat kerjasama tim yang kuat serta pengetahuan luas, mereka berhasil membawa nama sekolah ke tingkat Provinsi. Cheryl sendiri saat ini tengah mengikuti kegiatan Green Youth Movement untuk menjadi Pelopor sekaligus Duta Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sedangkan Claudia Leovania dan Lady Serenity rekan satu timnya yang memiliki hobi menonton film serta video editing tersebut, saat ini tengah sibuk mempersiapkan diri untuk masuk ke universitas. Cheryl berharap ke depannya dapat terus mengasah bakat yang dimilikinya, serta bisa menjadi insiprasi dan sosok positif bagi sekitar.

Adapun sederet prestasi yang telah dicapai Cheryl sebagai berikut :

  1. Mengikuti lomba scrabble
  2. Mengikuti lomba bulan bahasa cabang Speech
  3. Juara 1 NSDC tingkat kota
  4. Juara 2 NSDC tingkat provinsi

“Tujuan dan harapan saya kedepannya yaitu, dapat meningkatkan keaktifan dalam mengikuti kegiatan yang positif. Sembari mengasah prestasi serta keunggulan yang saya miliki dalam diri saya. Saya juga berharap bisa menjadi inspirasi dan sosok yang positif bagi sekitar. Dengan pedoman hidup yang saya miliki,” demikian Cheryl.

Baca Juga
Tinggalkan komen