Logo
Dempo Xler

Cerita The Best Speaker NSDC: Dari Kecil Sudah Biasa Bahasa Inggris

The Best SSpeaker NSDC 2023, Chritsian Tora Handerson Sembiring (sebelah kanan, lengan digulung). Foto, dok/BN.

The Best SSpeaker NSDC 2023, Chritsian Tora Handerson Sembiring (sebelah kanan, lengan digulung). Foto, dok/BN.

BENGKULU – Chritsian Tora Handerson Sembiring atau yang kerap disapa Tora ini sedari duduk di bangku kelas satu Sekolah Dasar memang gemar mendengarkan lagu maupun film berbau Bahasa Inggris.

Kemudain kegemarannya tersebut Ia dalami secara otodidak, hanya dengan mendengar, melihat dan mempraktekkan kata apa saja yang diucapkan dalam film berbahasa Inggris.

“Saya suka Bahasa Inggris karena buku mata pelajaran sewaktu SD. Ditambah sering mendengar lagu dan menonton film Bahasa Inggris. Mulai belajarnya dari SD kelas satu, semenjak ada buku jadi itu sudah mulai memperhatikan mulut karakternya kalo lagi berbicara dan suaranya gitu,” kata Tora pada Bengkulunews.co.id Kamis (21/09/23) siang.

Tora juga tidak pernah mengikuti les sama sekali untuk memperdalam kegemarannya tersebut. Hingga ketika sudah duduk di bangku sekolah empat SD dirinya sudah mahir dalam berbahasa Inggris.

Walau begitu sedari kelas empat SD hingga satu Sekolah Menengah Atas (SMA), Ia tidak pernah berani mengikuti lomba, karena masih merasa malu akan kemampuannya tersebut. Namun keadaan berubah ketika Ia naik kelas, Tora memberanikan diri untuk mengikuti lomba.

Kala itu lomba pertamanya adalah National Schools Debating Championship (NSDC) tingkat SMA se Provinsi Bengkulu 2023. Tentu semua tidak berjalan mulus-mulus saja ada beberapa kendala yang Ia rasakan, yakni mengenai kata yang rumit pronunciationnya. Ditambah Ia sering merasa lelah karena terus berlatih untuk mengasah kemampuannya tersebut.

Walau begitu Ia tidak mudah menyerah dan terus berlatih dengan giat. Siapakah sangka bakat yang sudah diasah sedari kecil tersebut membuahkan hasil, Ia dan tim nya meraih juara III dalam lomba tersebut. Bahkan dirinya diberikan gelar The Best Speaker ke II dan menjadi perwakilan Provinsi Bengkulu dalam tingkat nasional.

Tora saat ini sedang fokus untuk mempersiapkan lomba NSDC di tingkat nasional dan Ia berharap nantinya dapat meraih mimpinya menjadi AKPOL. Adapun beberapa prestasi yang telah Ia capai yakni juara II O2SN tingkat Provinsi cabang renang dan Juara III NSDC tingkat Provinsi.

“Saya ingin memenangkan perlombaan NSDC tingkat nasional dan masuk ke AKPOL. Harapa saya kedepan agar tim kami NSDC provinsi Bengkulu dapat memenangkan pertandingan ini dan meraih juara satu dan best speakernya. Serta dapat membanggakan pelatih dan sekolah,” demikian Tora.