Logo
Dempo Xler

Ini Alasan Kenapa Masuk Unihaz

Ini Alasan Kenapa Masuk Unihaz

BENGKULU – Universitas Prof Dr Hazairin, SH (Unihaz) Bengkulu,memiliki kuota Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaru) sebanyak 1.500 orang, untuk Prodi yang ditawarkan berupa prodi Hukum, Ekonomi, Fisipol, FKIP, Teknik, Pertanian dan untuk program Pascasarjana memiliki 2 Prodi yaitu Magister Ilmu Hukum dan Magister Administrasi Publik.

“Untuk proses Penmaru, ada dua jalur untuk masuk ke universitas,yaitu jalur tanpa test dan jalur masuk melalui ujian/test ,” ujar Sukran Mahyudin, S.IP selaku Koordinator penerimaan mahasiswa baru, Selasa (7/3/2017).

Jalur tanpa test merupakan jalur bagi siswa SMA/ SMK/ MA yang memiliki prestasi di sekolahnya, mendapatkan rangking 1- 10 di kelas, nilai raport yang dilihat mulai dari semester V.

Jalur ini juga berlaku bagi para siswa yang berprestasi di bidang olah raga dan seni, hal tersebut ditunjukkan dengan piagam ataupun surat keterangan dari sekolah asal mereka yang ditandatangani oleh kepala sekolah, serta jalur ini juga berlaku untuk siswa yang memiliki nilai rata-rata diatas 7,0.

Sedangkan bagi siswa yang memiliki nilai rata-ratanya di bawah 7,0 bisa mendaftar melalui jalur ujian untuk masuk universitas. Dalam jalur ini pendaftar akan diberikan tes secara langsung,dan hasil test dapat diketahui 15 menit setelah test selesai.

Untuk syarat pendaftaran di Unihaz, bisa dengan cara datang langsung ke Rektorat Unihaz di Jl. A. Yani, No. 1 Bengkulu dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan panitia, melampirkan foto copy ijazah dan NEM 1 lembar, pas foto 3x 4 2 lembar, membayar uang pendaftaran sebesar Rp 150 ribu di Bank Mandiri.

“Kampus Unihaz ini banyak memiliki keunggulan, seperti lokasi kampus yang strategis, karena bertempat di pusat kota, jadi mudah untuk dijangkau,” ujar Rektor Unihaz, Dr .Ir .Yulfiperius, M.Si.

Yulfiperius juga menambahkan, bahwa Unihaz juga Memiliki fasilitas kampus yang lengkap dan ruang kuliah yang nyaman serta kondusif untuk proses belajar mengajar, memiliki perpustakaan dengan buku-buku lengkap dan ruang baca yang representatif, memiliki lab yang lengkap untuk tiap prodi.

Tidak hanya itu, Unihaz juga memiliki program beasiswa yang berupa beasiswa dari yayasan, BNI, BRI, Bank Bengkulu, Supersemar, Bidik misi, beasiswa biaya bantuan belajar,dan beasiswa peningkatan potensi akademik,untuk mahasiswa yang memiliki prestasi ataupun mahasiswa yang tidak mampu.

Sukran juga menambahkan, bahwa untuk sejauh ini pihak Unihaz sudah melakukan sosialisasi yang berkaitan dengan proses penerimaan mahasiswa baru. Sosialisasi di tujukan ke sekolah-sekolah dan juga melalui spanduk serta pengumuman di media.(CW1)