Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Unib Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas

BENGKULU – Universitas Bengkulu (Unib) melakukan deklarasi pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di GSG Unib, Jum’at (15/12/2023).

Rektor Unib, Retno berharap kegiatan deklarasi pencanangan pembangunan zona integritas ini kedepannya bisa dilaksanakan untuk seluruh fakultas selingkup Universitas Bengkulu.

“kita berharap sesuai dengan yang telah disampaikan agar kedepannya Unib ini menjadi wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan menuju wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM), karena ini merupakan sebuah proses kita bisa memperoleh WBK di tahun depan sesuai dengan rencana,” ungkap Retno.

Ditempat yang sama, Muhammad Ali Akbar tim Reformasi Birokrasi Ditjen Kemdikbud menyampaikan pembangunan zona integritas ini ditekankan di Fakultas bukan di Universitas, sehingga selurih fakultas harus meningkatkan dan memperbaiki tata kelola Unibersitas secara keseluruhan.

“Ditjen pendidikan tinggi tekonologi melakukan tata kelolah perguruan tinggi di bidang akademik jadi Universitas dan Institut seperti pembangunan zona integritas itu memang di tekankan di Fakultas bukan di Universitas,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini ada enam Fakultas yang memproleh predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), yakni  Fakultas Kesehatan Masyarakat (UI), Fakultas Ekonomi Bisnis (Unpad), Fakultas Teknik (Undip), Fakultas Teknik (UGM), Fakultas Teknologi Pertanian (Brawijaya), Fakultas Keperawatan (USU).

“Tentu saja dengan pembangunan integritas ini, kita harapkan nantinya ada Fakultas Unib yang berhasil mendapatkan predikat WBK, sehingga  tentu saja kita semua berharap tata kelolah di Fakultas nanti akan meningkatkan tata kelolah di tingkat Universitas secara keseluruhan sehingga bisa mewujudkan visi dan misinya yaitu menjadi perguruan tinggi kelas dunia,” tutupnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen