Logo

Mendagri Sebut Pemuda Pancasila Harus Tetap Ada

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebut Ormas Pemuda Pancasila harus tetap ada di NKRI, untuk menjaga keutuhan bangsa. Hal ini disampaikan mendagri saat menghadiri acara Forum Kemitraan Ormas Pemuda Pancasila (PP), di gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Jalan Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu (5/5/2018).

“Sampai sekarang, selama NKRI ini ada, Pemuda Pancasila harus tetap ada di NKRI. Hal ini penting karena tantangan-tantangan yang dihadapi oleh bangsa ini setelah 72 tahun lebih kita merdeka,” katanya, dilansir detik.com

Ditambahkan Tjahjo, salah satu masalah yang sedang merundung Indonesia yakni persoalan radikalisme. Gerakan ini, katanya, berniat untuk mengganti UUD dan memporak-porandakan kemajemukan Indonesia.

“Salah satu masalah adalah masalah radikalisme terorisme yang ingin mengganti ideologi Pancasila, ingin mengubah UUD ’45, ingin merusak NKRI, dan ingin memporak-porandakan kemajemukan bangsa,” katanya.

Ia menegaskan, Pemuda Pancasila harus tetap berperan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sebab, katanya, keberagaman di Indonesia hanya dapat dijaga melalui Pancasila.

“Adanya Indonesia karena keberagaman, ini bisa bertahan karena kekuatan Pancasila itu sendiri,” ucapnya.