Berita bengkulu
Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Siap-siap, Besok Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka, Catat Jadwal dan Tahapan Ujiannya!

BENGKULU – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kembali menggelar Rekrutmen Bersama BUMN. Rencananya, Rekrutmen Bersama BUMN tersebut akan dibuka besok, Jumat (5/5/2023).

Informasi itu sebagaimana disampaikan langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir melalui akun Instagram resmi miliknya.

“Kabar baik untuk kalian semua, milenial dan gen-z yang ingin bergabung menjadi keluarga besar BUMN. Catat tanggalnya, persiapkan diri, dan jangan lupa minta restu orang tua, good luck,” tulisnya.

Untuk pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Forum Human Capital Indonesia (FHCI) telah menyiapkan link https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Namun, link Rekrutmen Bersama BUMN 2023 tersebut masih disable dan FHCI sedang menunggu arahan dari Kementerian BUMN. Masyarakat juga bisa memantau informasi Rekrutmen Bersama BUMN 2023 melalui akun Instagram FHCI atau Kementerian BUMN.

Tahapan Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Dilansir dari akun Instagram FHCI, masyarakat dapat menyimak tahapan Rekrutmen Bersama BUMN tahun ini. Berikut tahapan Rekrutmen Bersama BUMN 2023:

  1. Registrasi (proses pendaftaran dan seleksi administrasi oleh PIC BUMN): 5-20 Mei 2023
  2. Pengumuman seleksi administrasi: 1 Juni 2023
  3. Tes Kemampuan Dasar: 10-19 Juni 2023 Bobot: TKD 40 persen AKHLAK 60 persen.
  4. Pengumuman TKD dan AKHLAK: 10-19 Juni 2023
  5. Tes bahasa Inggris: 8-12 Juli 2023 (syarat treshold lebih 450 dan ranking sesuai ratio)
  6. Pengumuman tes bahasa Inggris: 19 Juli 2023
  7. Tes oleh BUMN: 22 Juli-9 Agustus 2023

Tes meliputi: Tes kompetensi bidang User interview Socmed analytic dan digital Mindset Medical check up (MCU).

  1. Pengumuman final: 16 Agustus 2023.

Cara agar lolos Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Lebih lanjut, FHCI juga membeberkan beberapa tips bagi pendaftar supaya mereka lolos Rekrutmen Bersama BUMN. Dikutip dari akun Instagram FHCI, berikut tips lolos Rekrutmen Bersama BUMN:

  1. Siapkan kelengkapan dokumen dengan detail

Pendaftar disarankan memastikan semua kebutuhan dokumen sudah lengkap. Perhatikan juga data seperti email dan nomor ponsel yang diinput tidak salah supaya tidak ada informasi yang terlewatkan.

  1. Kenali perusahaan yang dituju

Pendaftar juga diminta untuk mengetahui latar belakang serta pencapaian perusahaan yang dituju. Tujuannya untuk menyakinkan rekruter bahwa pendaftar sudah melakukan riset dan paham tentang perusahaan yang dituju.

  1. Pelajari kemampuan dan kelemahan diri

Mempelajari kemampuan dan kelemahan bermanfaat untuk mempersiapkan diri saat mendaftar Rekrutmen Bersama BUMN 2023. Hal tersebut dapat membantu rekruter untuk menempatkan pendaftar berdasarkan posisi yang paling sesuai.

  1. Persiapan wawancara

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum wawancara supaya pendaftar lolos Rekrutmen Bersama BUMN, yakni: Memahami isi CV dan menjelaskan alasan mengapa pendaftar melamar pada posisi yang dituju Datang tepat waktu Berpakaian rapi.

  1. Berdoa

Selain melakukan yang terbaik, pendaftar jangan lupa berdoa supaya proses rekrutmen berjalan lancar.

Baca Juga
Tinggalkan komen