Logo
Dempo Xler

Korban Kekerasan Gender Online Bisa Langsung Lapor Walikota

MC Kota Bengkulu

MC Kota Bengkulu

BENGKULU – Walikota Bengkulu, Helmi Hasan mengaku siap mendukung kampanye anti kekerasan berbasis gender online. Ia bahkan menawarkan para korban untuk langsung menghubunginya.

“Di Kota Bengkulu ini bisa langsung Wa ke saya. Apabila ada temuan bisa tolong sampaikan. Nanti saya akan screenshot dan mengirimkan ke pihak terkait untuk menindaklanjutinya,” sampai Helmi dilansir laman resmi Kota Bengkulu, Rabu (8/02/2023).

Helmi mengatakan, anti kekerasan berbasis gender online juga masuk dalam bagian program menciptakan ‘Kota Bengkulu Bahagia.’ Ia berjanji akan membuat payung hukum terkait hal tersebut.

“Perwal dan perda insya allah diusahakan, atau kita membenahi yang sudah ada,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pusat Pendidikan untuk Perempuan dan Anak (PUPA), meminta pemerintah agar mendorong dan mendukung program edukasi tentang KBGO dan KSBE.

PUPA juga meminta pemerintah menyediakan layanan aman dan ramah anak untuk melaporkan kasus KBGO dan KSBE seperti contohnya aplikasi mela lapor dan rumah aman.

Pihaknya juga mengajak masyarakat, Organisasi Masyarakat Sipil,lembaga pendidikan dan privat sektor bersama-sama secara aktif melakukan kampanye anti KBGO dan KSBE di lingkungan masing-masing, termasuk dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual.