BKKBN Ingin Para Juara Jadi Agen Kependudukan

Ini Pemenang Lomba Karya Tulis dan Pidato Kependudukan BKKBN

BENGKULU – Dalam rangka memeriahkan Anugrah Kencana, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu melalui Bidang Pengendalian Kependudukan, menggelar lomba pidato dan karya tulis tingkat SMA se-provinsi, Selasa (3/4/2018) di halaman kantor BKKBN Provinsi Bengkulu. Lomba ini diikuti 10 pemenang dari kabupaten kota di Provinsi Bengkulu dan dilombakan lagi ke tingkat provinsi.

Pada lomba ini, peserta lomba pidato asal Kabupaten Bengkulu Tengah, Vera Kurniawan berhasil meraih juara satu. Vera sempat tidak menyangka, bahwa dirinya dapat meraih juara. Karena ia merasa peserta lain begitu hebat menyampaikan materi pidato dengan bahasa yang tepat.

“Saya tidak bisa berkata-kata lagi, saya sangat berterima kasih kepada Allah yang telah memberi karunia ini dan saya sangat bersyukur,” ujarnya.

Dengan juara itu, membawa Vera ke lomba pidato kependudukan tingkat nasional. Disampaikannya, dirinya akan terus berlatih keras, memperbaiki apa yang menjadi kesalaham ataupun kekurangan pada penampilannya tadi.

Sedangkan itu, pemenang lomba karya tulis kependudukan diraih oleh Anisya Repika Sari asal Kabupaten Kaur. Tidak jauh berbeda, ia juga tak menyangka bisa menang.

“Ini aku persembahkan buat ibu dan ayahku, berkat mereka aku bisa berada di sisni. Terima kasih juga aku ucapkan untuk semua yang telah membimbingku, sampai karya tulis ini selesai,” ucapnya sembari meneteskan air mata.

Ia berharap, teman-teman yang bisa menjadi motivator muda yang hebat. Bahkan mungkin bisa lebih berprestasi dari dirinya.

“Aku akan tetap rendah diri dan akan menyiapkan mental untuk melangkah ke lomba tingkat nasional selanjutnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Kependudukan, Drs. Agus Supardi, menyampaikan, lomba dengan tema “Generasi Muda Dalam Rangka Meraih Bonus Demografi” diikuti peserta-peserta yang sangat hebat. Peserta adalah juara di daerahnya masing-masing.

Agus mengungkapkan, nantinya dirinya ingin peserta bahkan pemenang ini akan menjadi agen perubahan dalambkonteks kependudukan. Mereka (red, peserta) dapat mempengaruhi teman-temannya tentang masalah-masalah kependudukan.

“Mereka akan melakukan perubahan-perubahan, imrillnya adalah koalisi muda kependudukan,” tuturnya.

Ia juga telah mengatakan kepada peserta dan pemenang, dirinya akan menghimpun lewat media sosial WhatsApp dan akan terus memberi materi tentang kependudukan yang mereka kembangkan. Artinya, nanti bersama sekolah siaga kependudukan mengintragasikan pendidikan kependudukan ke sekolah-sekolah.

Berikut pemenang lomba pidato dan karya tulis kependudukan BKKBN Provisni Bengkulu:

Pemenang Lomba Karya tulis
1. Anisya Repika Sari dari Kaur
2. Annisa Firnanda dari Bengkulu Selatan
3. Sofie Arfianti Dwi Lestari dari Kota Bengkulu

Pemenang Lomba Pidato
1. Vera Kurniawan dari Bengkulu Tengah
2. Sarah Rizkika Ifa Muna dari Kabupaten Kaur
3. Nada soraya dari Kabupaten Mukomuko

Baca Juga
Tinggalkan komen