Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bengkulu Mulai Lakukan Medical Check Up

Kepala BNN Kota Bengkulu dan tim usai pemeriksaan balon wali kota. Foto : BN Online
Kepala BNN Kota Bengkulu dan tim usai pemeriksaan balon wali kota. Foto : BN Online

KOTA BENGKULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu mulai melakukan pemeriksaan kesehatan pasangan Bakal Calon (Balon) wali kota dan wakil wali Kota Bengkulu, Kamis (11/1/2018) di Rumah Sakit M. Yunus Bengkulu. Seluruh pasangan balon nantinya akan melalui jenis pemeriksaan kesehatan, mulai dari aspek kesehatan psikologi, bebas penyalahgunaan narkotika dan psikotropika, kesehatan rohani dan kesehatan jasmani.

Pada hari pertama ini, seluruh balon wali kota dan wakil wali Kota Bengkulu melakukan pemeriksaan aspek kesehatan psikologi dan bebas penyalahgunaan narkotika dan psikotropika. Berlangsunya pemeriksaan kesehatan hari pertama ini dimulai sejak pukul 09.05 WIB hingga pukul 13.30 WIB.

Dikatakan Kepala BNN Kota Bengkulu, Alexander Soeki, pasangan balon mengikuti dengan baik pemeriksaan bebas penyalahgunaan narkotika dan psikotropika ini.

“Pada pemeriksaan ini, kami menggunakan metode Rapid Test dengan mengambil sample urine dari seluruh pasangan balon,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, metode yang dilakukan ini memiliki kakuratan 99 persen. Jadi, hasil ini akan mengetahui dengan pasti, mana dari balon yang menggunakan narkotika.

“Untuk keakuratan tes ini, kami menggunakan minimal 6 parameter zat pemeriksaan, yakni amfetamin, benzodiazepin, metamfetamin, cocaine, opiate dan cannabionoid,” katanya.

Hasil tes ini akan keluar beberapa hari ke depan. Pihaknya akan langsung menyerahkan kepada KPU Kota Bengkulu.

“Itu adalah wewenang KPU, kami hanya memeriksa dan memberikannya ke KPU. Rencanannya, hasilnya akan diumumkan pada tanggal 16 Januari mendatang,” pungkas Alexander.

Ia berharap, seluruh balon lulus dari semua pemeriksaan kesehatan, termasuk penyalahgunaan narkotika ini. Karena, ini adalah pemimpin Kota Bengkulu dan menjadi masa depan Kota Bengkulu.

Baca Juga
Tinggalkan komen