Logo
Dempo Xler

Bengkulu Seleksi Siswa untuk Ikut OSN SD di Kepri

Bengkulu Seleksi Siswa untuk Ikut OSN SD di Kepri

 

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar seleksi siswa Sekolah Dasar (SD) untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang akan dilaksanakan di Kepulauan Riau (Kepri) pada tanggal 2 April hingga 8 Juli 2017 mendatang.

 

Dijelaskan Kasubag Penyelenggara Perbantuan, Disdikbud Provinsi Bengkulu, Herlina, SE, bahwa proses seleksi berlangsung mulai 3-5 April 2017 di Graha Asia, Kota Bengkulu.

 

“Proses seleksi sedang berjalan, sebanyak 59 siswa SD yang mengikuti seleksi , masing-masing 30 siswa mengikuti seleksi untuk mata pelajaran matematika, sedangkan sisanya sebanyak 29 siswa mengikuti seleksi mata pelajaran IPA,” ungkap Herlina, Rabu (5/4/2017).

 

Setelah mengikuti seleksi ini, lanjut dia, lembar jawaban siswa akan diserahkan kepada pihak panitia pusat yang berada di Jakarta, untuk diberikan penilaian serta perangkingan sesuai dengan nilai yang diterima.

 

“Setelah hasilnya diterima maka akan dipilih 1 orang dengan nilai tertinggi untuk mewakili Bengkulu di OSN di setiap mata pelajaran,” ujarnya.

 

Pengumuman para siswa yang lulus dan berhak mengikuti OSN nantinya akan diumumkan minggu depan dan pihaknya mengaku akan segera mempersiapkan siswa yang nantinya terpilih tersebut.

 

Ia mengatakan kegiatan OSN ini merupakan program Kemendikbud yang diwakili oleh Dirjen Pembinaan Sekolah Dasar OSN yang diselenggarakan dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan para siswa SD untuk dapat bersaing dengan siswa SD dari provinsi lainnya.

 

“Kegiatan OSN ini sangat positif untuk memacu semangat berkompetisi siswa serta sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Bengkulu,” sambung Herlina.

 

Sementara itu, Perwakilan dari Kemendikbud Dirjend, Pembinaan Sekolah Dasar, Sri Mulyani. M.Pd mengharapkan Bengkulu dapat membina sejak dini siswa potensial yang dimiliki sehingga mampu bersaing ke tingkat Asian nantinya.

 

“Saya lihat siswa/i yang dimiliki Bengkulu sangat berpotensi, Saya harap Disdikbud memberikan perhatian lebih dan dapat mempersiapkan siswanya sehingga mampu untuk bersaing di kancah Asean,” pungkasnya.