Logo

10 Unit Mobil BUMDes Dibagikan

BENGKULU UTARA – Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkulu Utara membagikan sebanyak 10 unit kendaraan operasional untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di 5 Kecamatan yang ada di Bengkulu Utara, Jumat (16/11).

Kendaraan roda empat itu diberikan setelah semua syarat dan administrasi BUMDes lengkap.

Lima Kecamatan itu yakni, Kecamatan Pinang Raya, Kecamatan Putri Hijau, Kecamatan Marga Sakti Sebelat, Kecamatan Girimulya dan Kecamatan Ulok Kupai. Pembagian tersebut langsung diserahkan oleh Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian.

Selain itu, kendaraan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 1 miliar lebih, yang sistem pembeliannya mengunakan e-katalog dan dari anggaran APBD perubahan tahun 2018.

“Desa yang mendapat bantuan mobil operasional ini merupakan desa yang maju dalam pemberdayaan BUMDes. Karena bantuan ini sifatnya sebagai sarana penunjang kelengkapan transportasi usaha desa. Diharapkan dengan adanya mobil operasional ini usaha yang dikelola oleh masyarakat desa menjadi lebih maju lagi,” ujar Bupati.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Bengkulu Utara Eka Hendriyadi, transportasi ini dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat diperdesaan.

“Diharapkan bagi BUMDes yang menerima dapat dijaga dengan baik, dikarenakan untuk mendapatkan kendaraan ini susah dan jangan sampai disalah gunakan,” harapnya.

Adapun BUMDes yang mendapatkan bantuan mobil operasional yakni BUMDes Bakti Mandiri Desa Marga Sakti dan BUMDes Simpang Jaya Desa Air Simpang dari Kecamatan Pinang Raya. Sedangkan dari Kecamatan Putri Hijau diserahkan ke BUMDes Lestari Makmur Desa Air Cipta Mulya dan BUMDes Mitra Sejahtera Desa Karang Pulau.

Untuk Kecamatan Marga Sakti Sebelat diserahkan di BUMDes Anugerah Trirta Sakti Desa Air Putih, BUMDes Gelumpang Baru Desa Suka Baru, BUMDes Maju Bersama Desa Suka Maju dan BUMDes Bersama Maju Makmur Desa Suka Makmur.

Serta Kecamatan Girimulya diserahkan di BUMDes Karya Jaya Desa Rena Jaya dan untuk Kecamatan Ulok Kupai diserahkan untuk BUMDes Manunggal Jaya Desa Bangun Karya.

Lanjut Eka Kriteria penerima bantuan mobil tersebut seblumnya sudah dan telah memenuhi syarat dari pemerintah pusat seperti pulau terluar, daerah perbatasan dan daerah transmigrasi.

“Penerima bantuan mobil operasional BUMDes sudah memenuhi syarat dari pemerintah pusat,” tukasnya.