Bengkulu News #KitoNian

UNBK Perdana di Pulau Enggano, Sukses

BENGKULU UTARA – Meski memiliki keterbatasan jaringan internet serta aliran listrik, Ujian Berbasis komputer (UNBK) di SMAN 6 Bengkulu Utara, Desa Malakoni, Kecamatan Enggano, kabupaten Bengkulu Utara berakhir sukses.

Leni Juningsih, wakil Kepala Sekolah SMAN 06 Bengkulu Utara mengatakan, tahun ini adalah UNBK pertama yang dilakukan oleh sekolah yang merupakan satu-satunya SMA di Pulau Enggano.

Selama 4 hari, pelaksanaaan UNBK perdana ini dapat dikatakan berjalan dengan lancar, karena semua alat dapat berfungsi dengan baik serta para siswanya tidak ada yang berhalangan.

Meski pada hari ke 3 UNBK sempat terhambat, lantaran genset yang digunakan untuk tenaga listrik sempat mati mendadak, namun Leni mengatakan, troble tersebut dapat dengan cepat diatasi, sehingga siswanya tidak perlu menunggu waktu lama untuk melanjutkan UNBK.

“Alhamdulillah, UNBK perdana kita berjalan dengan lancar selama 4 hari, ya dapat dikatakan lancarlah, meski di hari ke 3 sempat mengalami mati genset, tapi itu tidak menjadi masalah yang besar,” kata Leni, ketika dikonfirmasi via telepon.

Sementara itu, sebelumnya pihak sekolah telah menyiapkan 50 liter bahan bakar solar untuk menghidupkan genset di sel yang berfungsi sebagai pembangkit listrik, hal ini dikarenakan daya listrik dari PLN Enggano tidak mampu untuk menjamin daya listrik komputer yang digunakan untuk UNBK.

Sedangkan untuk akses internet, pihak sekolah menggunakan internet yang memang sudah disiapkan oleh pemerintah untuk membantu kelancaran UNBK di daerah yang mengalami minim akses internet.

“Kalo kita memang sudah siapkan bahan bakar 50 liter untuk jaga-jaga agar di sel tetap hidup, karena PLN kita di Enggano tidak sanggup memasok listrik untuk komputer-komputer UNBK,” sambungnya.

“Dan juga untuk internet, kita menggunakan BTP-NET yang merupakan bantuan dari pemerintah, bahkan teknisinya pun juga didatangkan khusus oleh pemerintah,” tutupnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen