Logo

Usin: Masyarakat Bengkulu Harus Bisa Memilah Sampah

BENGKULU – Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring mengingatkan masyarakat untuk memilah sampah. Menurutnya, sampah-sampah ini bisa dimanfaatkan ulang dan memiliki nilai ekonomis.

“Tepatnya kita melakukan reuse dan recycle sampah yang kita produksi,” kata Usin saat menghadiri pelatihan Pilah, Pilih dan Pulih pengelolaan sampah, Minggu, (18/06/2023)..

Usin menjelaskan, tidak semua sampah harus dibuang. Seperti sampah organik yang bisa dijadikan pupuk dan sampah plastik yang bisa diolah menjadi sesuatu yang bernilai.

“Untuk sampah organik bisa kita jadikan bahan untuk pembuatan kompos. Untuk sampah plastik bisa kita sulap menjadi barang yang berguna seperti pot bunga, bunga atau kerajinan tangan,” ucapnya.

Ia mengatakan, jumlah sampah di Kota Bengkulu cukup tinggi sehingga harus ada solusi yang berkelanjutan. Salah satu caranya yakni dengan memanfaatkan ulang sampah yang dihasilkan.

“Kembalikan lagi sampah menjadi suatu hal yang bisa bermanfaat, tepatnya kita melakukan reuse dan recycle sampah yang kita produksi. Semua itu bisa kita lakukan dalam mengelola sampah,” ujarnya.

Menurutnya, bila setiap orang konsisten untuk memilah dan memilih sampah, maka target Kota Bengkulu bebas sampah bukan tidak mungkin diwujudkan.

“Bila setiap orang konsisten dan kontinue dalam pengelolaan samapah, InsyaaAllah kita akan bisa mewujudkan Kota Bengkulu yang bebas dari sampah, Kota Bengkulu Zero Wise” kata Usin. (Advetorial)