Logo

Tim Penilai Lomba NSDC Dipastikan Ahli dan Fair

BENGKULU – Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Three Manorpe mengaku tim penilai untuk lomba debat berasal kalangan ahli. Ini membuat persaingan antar peserta lomba memang objektif sesuai keahlian masing-masing.

“Karena debat ini memang fair kita lakukan,” ujar Three saat pembukaan lomba, Senin (15/05/2023).

Thre mengatakan juri yang diikutsertakan untuk menilai kemampuan siswa diambil secara khusus dari lembaga-lemba profesional. Para juri ini dipastikan memiliki kualifikasi yang layak.

“Jadi untuk juri-jurinya kita pilih dari Balai Bahasa, dari LPMP, dosen-dosen Unib yang ada di Provinsi Bengkulu,” ungkapnya.

Penilaian peserta diserahkan sepenuhnya kepada dewan juri tanpa ada campur tangan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu. Cara ini membuat pemenang dari lomba terpilih sesuai kemampuan.

“Jadi kami selaku panitia yang bertanggung jawab pada kegiatan ini menyerahkan sepenuhnya kepada dewan juri untuk memilih anak-anak yang terbaik dan tim-tim terbaik,” kata Three.

National Schools Debating Championship Provinsi Bengkulu tahun 2023 ini diikuti oleh 16 peserta dari seluruh kabupaten kota yang ada di Provinsi Bengkulu. Seluruh tim akan bersaing dan menunjukkan kemampuannya selama dua hari 16-17 Mei 2023.

Lomba ini bersamaan dengan Lomba Debat Bahasa Indonesia yang digelar di tempat berbeda. Perlombaan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Saidirman. (Advetorial)