Logo
Dempo Xler

Lima Besar Daerah Bisa Ikut OSN Nasional, Ini Caranya

Pelajar yang lulus passing grade kini juga berkesempatan ikut OSN tingkat Nasional. Foto, Indah/BN

Pelajar yang lulus passing grade kini juga berkesempatan ikut OSN tingkat Nasional. Foto, Indah/BN

BENGKULU – Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu, Tree Marnope mengatakan, siswa yang masuk ke dalam lima besar pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat provinsi juga bisa melaju ke jenjang nasional.

Siswa atau siswi yang ikut berpartipasi di level daerah cukup melalui pasing grade yang telah ditetap. Pasing grade ini juga tidak memperhatikan urutan pelajar itu saat lomba di daerah.

“Kalau dulu juara satu, dua dan tiga tingkat provinsi, dan hanya juara satu saja yang bisa masuk ke jenjang nasional,” katanya, Selasa (3/10/2023).

Pelajar SMA

Tree menyampaikan, aturan ini telah ditetapkan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Sistem ini memberikan kesempatan yang lebih luas pada setiap pelajar.

“Sesuai dengan perubahan aturan yang ada di Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud, sekarang walaupun dalam satu bidang ada lima orang yang passing grade-nya melampaui standar pusat. mau mereka urutan ke berapapun semuanya berkesempatan melaju ke ajang nasional,” ungkapnya.

Pelajar SMA

Ia mengatakan, OSN ini bertujuan untuk mengantarkan peserta didik menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Ajang ini pun menjadi bagian penting dalam upaya pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi siswa bertalenta dan berkarakter.

“Minat siswa-siswi berbakat yang memiliki potensi dan kemampuan mengembangkan diri, mereka selalu menjalankan program sekolah dengan banyak belajar di sekolah,” tambahnya.

Seleksi OSN dilakukan secara bertahap dimulai dari tingkat kabupaten, yakni sekolah akan mengirimkan siswa terbaik untuk ikut seleksi di kabupaten.

Kemudian dari yang terbaik kabupaten itu akan berlanjut seleksi di tingkat provinsi. Barulah dari siswa-siswi terbaik provinsi akan maju ke tingkat nasional.

Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu