Logo

SD 139 Seluma Rusak Berat

SELUMA, bengkulunews.co.id – Empat lokal dari delapan ruangan kelas SDN 139 Seluma di Desa Padang Bakung, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM), mengalami kerusakan cukup berat.
Kerusakan terutama dibagian plafon, akibat dari jebolnya atap sekolah. Sehingga jika kondisi hujan deras, air dapat leluasa masuk kedalam ruangan belajar. Siswapun berusaha menghindar agar tidak kebasahan.
“Sudah beberapa kali diusulkan, bahkan tiga tahun berturut-turut sudah ada tim survei yang katanya akan memperbaiki sekolah tetapi hingga sekarang belum ada pengerjaan,” kata Kepala SDN 139 Seluma, Izhar Halidin, S.Pd, Selasa (18/4/2017).
Kerusakan diakibatkan dari hempasan angin, karena sekolah tersebut berdekatan dengan pantai, mengakibatkan atap seng berterbangan. Beberapa seng juga ada yang dicuri oleh oknum warga sekitar.
Bangunan sekolah yang didirikan pada tahun 2002 dari sumbangan pemerintah Belanda akibat gempa bumi lalu, memang belum pernah mengalami perehaban. Usulan yang disampaikan ditolak tanpa ada kejelasan.
Izhar juga mengatakan, dari delapan ruangan yang ada, enam lokal dipakai untuk belajar dan dua ruangaan lagi untuk kantor guru dan gudang. Kerusakan juga terjadi pada toilet guru dan murid.
Sekolah yang memiliki 68 murid dengan 10 orang guru itu, tetap masih bisa melanjutkan kegiatan belajar-mengajar dengan kondisi seadanya.
“Kabarnya pada September mendatang akan ada perehaban dari DAK, diharapkan agar juga dibantu untuk pengadaan meubeler, sebab yang ada sekarang kondisinya juga sudah banyak yang rusak,” tutup Izhar.