Bengkulu News #KitoNian

Pelajar di BU Gunakan Pakaian Adat Ikuti Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

Peringatan hari Sumpah Pemuda ke 90, Pelajar di Bengkulu Utara ikuti upacara mengenakan pakaian adat

BENGKULU UTARA – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda tahun 2018 yang ke 90 tahun, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara menggelar upacara peringatan hari sumpah pemuda di halaman kantor bupati, Senin (29/10), pagi.

Upacara tersebut diikuti oleh perwakilan dari beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara. Mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

Setiap perwakilan sekolah diwajibkan membawa murid-muridnya untuk menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia saat mengikuti upacara.

Suharto, S.Pd selaku Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 05 Bengkulu Utara mengatakan, penggunaan pakaian adat dalam upacara peringatan hari sumpah pemuda ini bertujuan untuk mewujudkan rasa cinta tanah air sebagai bagian dari sumpah pemuda.

Dimana, papar Suharto, sesuai dengan ikrar sumpah pemuda, yakni satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa.

“Kita memang mendapat surat dari Diknas bahwa pada hari sumpah pemuda setiap sekolah wajib mempersiapkan muridnya untuk menggunakan pakaian adat, dan ini sudah biasa dilaksanakan setiap tahunnya” ungkap Suharto.

Sementara Wakil Bupati Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata menjelaskan, di momen bersejarah ini seluruh pemuda dapat mengenang kembali bagaimana perjuangan para pemuda terdahulu yang telah memberikan ide, gagasan, dan kreatifitasnya yang ikut andil dan tegak lurus dalam membangun Kabupaten Bengkulu Utara.

“Kita ucapkan terimakasih kepada pemuda-pemuda terdahulu yang telah mendeklarasikan bahwa sumpah pemuda itu adalah wujud spirit generasi masa depan,” ujarnya.

Ari berharap kepada pemuda Bengkulu Utara harus berani menciptakan ide-ide yang kreatif, mempunyai wawasan yang luas. Dan harus melakukan hal yang lebih positif untuk kedepannya.

“Harapan saya pemuda Bengkuku Utara jangan hanya berdiam diri dan jauhkan diri dari narkoba serta tindakan negatif lainnya,” tegasnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen