Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Bunga Rafflesia Gadutensis Mekar Bertepatan di Hari Sumpah Pemuda

Bunga Rafflesia Jenis Gadutensis

BENGKULU UTARA – Bertepatan pada momen bersejarah, yakni hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, bunga Rafflesia jenis Gadutensis kembali mekar di Spot 1, kawasan Hutan Lindung Boven Lais Kemumu, Kecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara, sekira pukul 06:00 WIB, pagi tadi.

Puspa langka ini mekar dengan ukuran kurang lebih 60 cm dengan bentuk yang sedikit condong ke bawah dan berada di pinggir tebing.

Agung selaku anggota Komunitas Pecinta Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara mengatakan, bunga Rafflesia ini sudah di prediksi akan mekar pada hari Minggu ini, sebab pada hari jumat kemarin saat dilakukan penggecekan, bonggol bunga rafflesia sudah menunjukkan tanda-tanda akan mekar.

“Karena pada hari jumat kemarin saat kami melakukan pengecekan, bonggol bunga raffelesia sudah terlihat tanda-tandanya akan mekar, lalu kami siasati bahwa hari minggu akan mekar dan alhandulillah prediksi kami benar dan kebetulan bertepatan pula pada hari Sumpah Pemuda,” kata Agung.

Agung menambahkan, banyaknya bunga Rafflesia yang mekar, dapat dilihat dari kondisi bonggol bunganya, jika bonggolnya sudah banyak dan posisinya sudah pada fase farigon dengan intensitas hujan yang sangat tinggi, bisa saja dalam satu bulan bunga rafflesia dapat mekar lebih banyak.

“Nah kalo bulan-bulan sebelumnya itu, bahkan ada 4 hingga 5 kali bunga rafflesia mekar dalam satu bulan. Hujan memang sangat berpengaruh pada habitat bunga rafflesia,” tambahnya.

Bagi para pecinta puspa langka atau wisatawan yang ingin melihat keindahan bunga rafflesia yang ikut menghiasi hari Sumpah Pemuda, jangan kawatir, karena dalam 4 hingga 5 hari kedepan pengunjung masih dapat melihat keindahan bunga ikon Provinsi Bengkulu itu.

Baca Juga
Tinggalkan komen