Logo

Mendikbud Usul Kepala Sekolah jadi Manager School


KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendkbud) RI, Muhadjir Effendy mengatakan, kedepannya kepala sekolah untuk seluruh tingkatan di Indonesia akan menjadi manager school. Maksudnya, kata dia, untuk menciptakan suasana sekolah yang memiliki keunggulan tersendiri.

Tidak hanya itu, terang dia, dirinya juga berkeinginan kepala sekolah menjadi jenjang karier dan bukan tambahan guru.

”Kepala sekolah menjadi karier sudah diusulkan dihapus, untuk dijadikan manager school,” kata Muhadjir, saat memberikan pengarahan kepada 400 guru dan kepala sekolah di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Bengkulu, Minggu (14/5/2017), sore.

Jika diluar negeri, sampai Muhadjir, kepala sekolah adalah manager school. Dimana manager school tersebut, berjuang dan bekerja keras dalam melakukan pendidikan kepada seluruh siswa.

”Dari sini nanti, bukan diukur dari nilai lagi, melainkan dari kompetensi. Dimana nantinya sekolah memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Manager school itu harus memiliki mental keras,” jelas Muhadjir.

Tidak hanya itu, Muhadjir juga mempertimbangkan, bahasa kedua setelah bahasa Indonesia, yakni bahasa Inggris. Dalam hal ini dirinya akan menerapkan di sekolah.

”Ini untuk menghadapi masa depan dunia,” sampai Muhadjir.

Namun, kata Muhadjir, bahasa lokal harus tetap dijaga. Dengan tujuan, bahasa lokal tidak punah dan hilang di masyarakat Indonesia.

”Bahasa Inggris sangat penting. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, yang bisa diterapkan di sekolah-sekolah termasuk di Bengkulu,” tutup Muhadjir.