Logo
Dempo Xler

Hujan Semalaman, Sawah di Rawa Makmur Terancam Gagal Panen

gajs

gajs

Sawah di Rawa Makmur yang terendam banjir

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Hujan semalaman yang mengguyur Kota Bengkulu, kemarin Selasa (07/03/2017), menyebabkan banyak sawah yang tenggelam di kawasan Rawa Makmur Permai, Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu.

Penyebabnya, air sungai Serut meluap dan mengalir hingga merendam sawah. Parahnya lagi para petani di sana baru memasuki musim tanam.

Musim tanam yang baru berjalan satu minggu ini rusak karena terendam lumpur. Tidak hanya itu, pematang sawah pun ikut rusak.

Ketua Kelompok Tani, Sofyan, mengatakan, banjir seperti ini juga menyebabkan bertambah banyaknya hama padi seperti keong dan hama kecil lainnya.

“Terendamnya lahan sawah akibat meluapnya air sungai ini memang sangat berdampak buruk bagi kami. Karena kami akan terancam kehilangan batang padi yang terendam lumpur dan mengakibabtkan gagal panen,” ungkapnya.

Namun, lanjutnya, para petani tidak bisa berbuat apa-apa dengan hal ini. Mereka (petani,red) hanya bisa pasrah dan berharap padi masih ada yang bagus.

“Meluapnya sungai Serut karena sudah lama tanah bawahnya tidak dikeruk. Mengingat 20 tahun lalu sungai ini rutin dikeruk, jadi tidak meluap kalaupun meluap tidak parah. Tapi entah sekarang mengapa pemerintah tidak pernah melakukan hal seperti dulu lagi,” tutup Sofyan.