Logo
Dempo Xler

80 Persen Masyarakat Provinsi Bengkulu Sudah Mengenal Uang Baru

Endang Kurnia Saputra

Endang Kurnia Saputra

Endang Kurnia Saputra

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Setelah gencar memperkenalkan dan mensosialisasikan uang baru ke masyarakat Bengkulu, sekarang 80% masyarakat Provinsi Bengkulu sudah mengenali uang baru.

Uang baru yang diterbitkan memang sudah dikenali ke setiap provinsi di Indonesia, termasuk Bengkulu. Terkait itu, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bengkulu sudah mensosialisasikan pengenalan uang baru ini ke daerah-daerah di Provinsi Bengkulu.

“Sejauh ini memang sudah sangat baik, karena 80% masyarakat Provinsi Bengkulu sudah mengenali uang ini. Tapi untuk mengedarkan uang memang kita lakukan secara bertahap. Kami juga akan terus melakukan sosialisasi,” tutur Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu, Endang Kurnia Saputra, di ruang kerjanya, Jumat (17/3/2017).

Tujuan BI mengeluarkan dan mengenalkan uang baru ini, kata Endang, bukan menggantikan keberadaan seri uang yang sebelumnya, tetapi lebih ke penarikan uang yang telah rusak dan tidak layak lagi digunakan.‎

Untuk total uang yang sudah tersebar di Provinsi bengkulu sampai saat ini sebanyak Rp 250 miliar. Perkembanganya pun termasuk tidak jauh beda atau tidak tertinggal dari provinsi lain.

Untuk kembali diketahui, ciri khusus dari uang baru ini antara lain, ada tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan ‎sudah lebih mudah dikenali oleh para penyandang tuna netra. Keamanannya sendiri sangat baik, sehingga sangat sulit untuk dipalsukan karena teksturnya jauh lebih kasar dari nominal uang seri lama.

“Jiika dilihat dengan teliti di wajah pada uang seri baru ini terdapat logo BI dalam ukuran sangat kecil yang berupa titik-titik,” demikian Endang.