Logo
Dempo Xler

Gadis Cantik asal Seluma Ini Nyamar jadi Karyawan Bank untuk Menipu

Pelaku saat diamankan polisi

Pelaku saat diamankan polisi

BENGKULU – Perempuan asal kabupaten Seluma, VN (20) harus berurusan dengan polisi usai menyamar sebagai karyawan Bank BRI. Aksinya ini dilakukan untuk memperdaya korban yang hendak melakukan pinjaman.

Kapolsek Ratu Agung, Iptu Edi H Purba mengatakan, VN yang menyamar sebagai karyawan Bank di Bengkulu, mengaku bisa mempermudah pencairan dana pinjaman. Syaratnya, korban harus menyerahkan sejumlah uang.

Tindakan VN ini berhasil menipu Deden, warga asal Desa Karang Anyar 2 Kecamatan Argamakmur. Kejadian ini berlangsung di jalan Cendana Kelurahan Sawah Lebar, Kota Bengkulu pada Rabu (1/11/2023).

“Dia menjanjikan akan mempermudah, membantu korban untuk melakukan pinjaman. Pencairan cepat tanpa proses sulit,” katanya, Rabu (2/11/2023).

Iptu Edi menjelaskan, pelaku meminta uang pelicin pada korban yang hendak meminjam bank senilai Rp 300 juta. Dari nilai tersebut, pelaku meminta uang sebanyak Rp.8.6 juta.

Uang ini telah disetor korban atas nama Deden, melalui rekening Bank BRI sebanyak Rp. 3 juta dengan dua kali tranfer. Aksinya terkuak setelah korban curiga terhadap tingkah pelaku.

“Karena korban merasa ditipu dan melakukan konfirmasi ke pihak bank, bahwa yang bersangkutan ini bukan karyawan bank sehingga korban melapor ke polisi,” ungkap Itpu Edi.

Korban bersama barang bukti berupa uang saat ini telah diamankan di Mapolsek Ratu Agung. Atas perbuatan tersebut, pelaku dikenakan pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman penjara maksimal 4 tahun.