Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Daerah Ini Waspada Bencana Alam

Foto Ilustasi. Foto Dok Bn Online

REJANG LEBONG, bengkulunews.co.id – Setiap tahun skala terjadinya bencana alam selalu meningkatkan. Apalagi longsor, ini paling sering terjadi di Kabupaten Rejang Lebong.

Kepala BPBD Rejang Lebong, Basuki, S.Sos, menyatakan, daerah yang rawan akan bencana di Rejang Lebong berada di Beringin Tiga, Sindang Kelingi -Sindang Dataran, jalan lintas Curup-Linggau dan jalan lintas menuju Lebong.

Dari semua daerah yang rawan bencana, Kecamatan Sindang Kelingi merupakan wilayah yang paling sering terjadi bencana bahkan sampai menimbulkan korban jiwa.

“Mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dan mengenali alam sekitar seperti tanda-tanda terjadinyanya bencana,” ujar Basuki.

Ia juga menyatakan, sosialiasi terkait bencana sering dilaksanakan. Sosialisasi berisikan, cara evakuasi bencana dan cara mengenali tanda-tandanya yang ditujukan agar masyarakat selalu waspada terhadap bencana alam.

Bila terjadi bencana, lanjutnya, BPBD akan menyiapkan bantuan makanan cepat saji, makanan tambahan, peralatan dapur, peralatan keluarga dan posko singgah untuk beberapa hari.

Dituturkan Basuki, saat bencana longsor pihaknya mengalami kesulitan dalam mengevakuasi. Karena peralatan belum memadai, apalagi alat berat sama sekali tidak ada. Padahal longsor yang paling sering terjadi di daerah Rejang Lebong.

“Kami terus menghimbau, masyarakat harus waspada dan hati-hati. Hindari pembuatan rumah di pinggir sungai dan pinggir tebing, dikarenakan rawan terjadi bencana dan ingat, jangan buang sampah sembarangan,” tutup Basuki.

Baca Juga
Tinggalkan komen