Logo

Website Dihack, Ini Penjelasan Diskominfo dan Statistik Bengkulu


KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Website resmi milik pemerintah provinsi (Pemprov) Bengkulu, yang diduga diretas oleh orang tidak dikenal (OTD), pada Sabtu (13/5/2017), hingga saat ini situs resmi dengan alamat http://bengkuluprov.go.id/, tersebut belum bisa diakses oleh pengguna jasa internet.

Dijelaskan, Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Media dan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Provinsi Bengkulu, Puthut Eko Purnomo, jika yang diretas tersebut bukan website milik Pemprov Bengkulu. Melainkan, server Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI.

”Informasi dari tim IT Kementerian Kominfo, yang diretas adalah server Kementerian Kominfo,” kata Puthut, melalui pesan singkatnya, Sabtu (13/5/2017), malam.

Dengan adanya server Kementerian Kominfor dihack, jelas Puthut, banyak domain yang terkena imbas, termasuk website resmi milik Pemprov Bengkulu, yang beralamat, http://bengkuluprov.go.id/.

”Tim IT Kementerian kominfo akan merecover hosting servernya. Artinya, yang dihack bukan ditujukan ke domain kita. Karena hosting domain kita diserver kementerian kominfo, maka kita kena dampaknya,” jelas Puthut.

Disinggung masalah berapa lama agar website tersebut bisa diakses, Puthut menyampaikan, tidak dapat memastikan secara pasti. Sebab, jelas Puthut, dari Dinas Kominfo dan Statistik Bengkulu, masih menunggu tim IT dari Kementerian Kominfo.

”Kita hanya bisa menunggu,” pungkas Puthut.

Saat ini, di website resmi milik Pemprov Bengkulu hanya menampilkan logo kominfo, serta dengan tulisan ‘WEBSITE CURRENTLY DOWN FOR MAINTENANCE’ dan ‘CHECK BACK SOON’.

Baca juga : Dihack, Situs Resmi Pemprov Bengkulu ‘Forbidden’