Bengkulu News #KitoNian

Poltekkes Kemenkes Bengkulu Gelar Sosialisasi Germas dan Penutupan PKLT

Foto bersama usai sosialisasi Germas
Foto bersama usai sosialisasi Germas

BENGKULU UTARA, bengkulunews.co.id – Poltekkes Kemenkes Bengkulu gelar sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Giri Mulya Kabupaten Bengkulu Utara. Pada kegiatan ini juga dibarengi dengan penerimaan kembali mahasiswa/i dari Praktik Kerja Lapangan Terpadu (PKLT) di Giri Mulya, Kamis (20/7/2017).

Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu, Darwis, SKP, M.Kes, dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi Germas sangat pas digabungkan dengan PKLT. Karena dekat dengan keluarga Poltekkes Kemenkes.

“Germas sangat dibutuhkan, karena ini adalah upaya mengajak masyarakat untuk bisa memiliki hidup yang sehat. Seperti melakukan gerak badan 30 menit setiap hari, gerakan makan sayur dan buah, pemeriksaan kesehatan agar tahu kondisi kesehatan saat ini,” ungkapnya.

Maka itu, sama-sama Darwis mengajak seluruh masyarakat khususnya Giri Mulya untuk bisa melakukan Germas ini.

Selain itu, terkait PKLT ia mengungkapkan, pembukaan PKLT sudah dilakukan 6 Juli lalu. Kegiatan PKLT ini diikuti 497 mahasiswa dan sejak 6 sampai 20 Juli telah melakukan kegiatan.

“Ini merupakan rangkaian penilaian kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa. Juga menentukan layak atau tidak mereka berkiprah dan mengamalkan sesuai bidang keilmuan masing-masing. Insyaallah ini menjadi bekal untuk melaksanakan penelitian selanjutnya,” terang Darwis.

Sedangkan, Anggota DPR RI Komisi IX Elva Hartati yang diwakili Anggota DPRD Bengkulu Utara, Hotman Sihombing menuturkan, ini salah satu kegiatan pengembangan program pemerintah dalam mencerdaskan bangsa di dunia kesehatan.

“Kesehatan jauh lebih berharga dari apapun. Ini adalah sebuah wujud kepedulian untuk membangun manusia dengan paradikma sehat,” ujarnya.

Dikatakannya juga, pemeriksaan kesehatan secara rutin, bersihkan lingkungan, tidak merokok dan masih banyak yang lain, inilah yang nanti akan mengangkat derajat kesehatan.

“Komisi 9 sangat mendukung sosialisasi Germas di tempat ini. Agar masyarakat Giri Mulya bahagia, karena tidak akan bahagia bila jauh dari kesehatan,” cetusnya.

Bupati Bengkulu Utara, Ir. Mian yang dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Kesehatan BU, drg. Adi Fitridin, M.Kes, saat menyampaikan sambutan Bupati menjelaskan, sehat itu sangat penting. Jadi ia mengharapkan adanya kegiatan selanjutnya hingga Germas dapat dikerjakan masyarakat.

“Kegiatan ini juga berpengaruh dalam upaya meningkatkan akses kesehatan yang ada,” jelasnya.

Di sisi lain juga, Camat Giri Mulya, Iman Farkhan, SST, di atas podium berterima kasih kepada Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Ia juga mengutarakan rasa bangga, karena Kecamatan Giri Mulya diberi kesempatan untuk mahasiswa melakukan PKL.

“Hari ini akan dilepas dan dikembalikan lagi ke Poltekkes Kemenkes Bengkulu dengan keadaan sehat. Saat melakukan tugasnya, mahasiswa juga sungguh inovatif. Hasil dari PKL, seluruh kepala desa yang ada di Giri Mulya siap menindak lanjuti dengan fasilitas dana desa,” katanya.

Pustu, polindes, dan yang lainnya akan lebih baik lagi serta akan menindaklanjuti hasil survei dari pra sehat menjadi sehat.

“Terkait Germas, kami harap jadi liding sektor agar ini menjadi budaya sehat masyarakat. Makan buah dan sayur jadi kebutuhan,” singkatnya.

Acara ini berlangsung meriah, diawali dengan senam bersam, makan buah-buahan dan sayuran. Sosialisasi Germas oleh Willy Fitriawan dari Sub Bagian pengembangan pendidikan SDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan. Lalu undangan juga disuguhkan dengan tari pedang dan persembahan serta atraksi musik dol kreasi dari mahasiswa Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

Pada kesempatan ini selain Anggota DPRD BU, Hotman Sihombing, Kepala Dinas Kesehatan BU, Adi Fitridin, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Ahzar, diramaikan juga dengan kehadiran kepala desa se-Giri Mulya, tokoh masyarakat, Polsek Giri Mulya, karyawan dosen Poltekkes Kemenkes, masyarakat umum dan yang pasti mahasiswa/i PKLT. Berikut rangkaiannya :

Tari pesembahan menyambut tamu kehormatan
Sambutan Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu, anggota DPRD BU dan Kadinkes BU
Penandatanganan komitmen bersama untuk melakukan Germas
Penyerahan kembali mahasiswa PKLT dari Camat Giri Mulya kepada Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu
Baca Juga
Tinggalkan komen