Logo

Ombudsman Bengkulu Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pengawasan

Talk show Ombudsman RI

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Ombudsman RI Provinsi Bengkulu, menggelar sosialisasi yang bertajuk, “Warnai Kemerdekaan Tanpa Maladministrasi”, Jumat (25/8/2017).

Dalam acara ini, berbagai kegiatan seperti lomba mewarnai tingkat PAUD/TK, Talkshow, serta klinik pengaduan masyarakat bertempat di halaman pelataran bawah Bengkulu Indah Mall Pantai Panjang sukses digelar.

Lomba mewarnai

Acara dimulai dengan lomba mewarnai ini diikuti oleh beberapa PAUD dan TK se-Kota Bengkulu.

Menurut Menurut Kepala ORI Bengkulu, Herdi Puryanto, sasaran dari lomba mewarnai ini ialah, memberikan pemahaman tentang Maladministrasi pada ibu-ibu yang mendampingi anaknya dalam lomba.

Kepala Ombudsman RI Bengkulu memberikan hadiah lomba mewarnai

Usai lomba, acara dilanjutkan dengan Talkshow yang mengundang nara sumber dari berbagai latar belakang. Yakni, Ani Suprapti, M.Psi dari kalangan Akademisi, Ir. Hendri Purwantrisno dari kalangan birokrat dan Kepala Ombudsman RI Bengkulu.

Acara talk show

Talkshow yang sebagian besar dihadiri oleh mahasiswa ini, sukses menarik minat mahasiswa untuk tahu lebih dalam mengenai pengawasan penyelenggara pelayanan publik.

Hal ini ditunjukkan dari diskusi yang terlihat aktiv. Beberapa mahasiswa, baik mewakili jurusan ataupun organisasi mengajukan pertanyaan kritis pada narasumber.

Peserta talk show

Pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi, tugas serta sifat penyelenggara pelayanan publik di Bengkulu, dijawab satu persatu dengan jelas oleh ketiga narasumber.

Salah satu peserta mengajukan pertanyaan kepada Ombudsman RI

Disamping itu, ORI Bengkulu juga menyediakan meja pengaduan, bagi masyarakat yang memiliki keluhan, kritik ataupun saran baik kepada Ombudsman sendiri maupun pelanggaran pelayanan publik yang harus ditindak lanjuti.

Herdi menegaskan, penyiapan meja pengaduan ini berfungsi untuk melihat umpan balik dan mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Ombudsman.

Masyarakat yang hadir juga diminta untuk membubuhkan tanda tanganya sebagai bentuk dukungan dalam memberantas praktik Maladministrasi. Rangkaian acara ditutup dengan hiburan. (Adv)