Logo
Dempo Xler

Minim Peralatan, Ujian Nasional di Seluma Masih Manual

Muksir Ibrahim

Muksir Ibrahim

Muksir Ibrahim

SELUMA, bengkulunews.co.id – Kabupaten Seluma dipastikan tidak akan menggunakan model Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk pelajar SD dan SMP pada Mei mendatang. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma, Muksir Ibrahim.

“Karena minimnya peralatan komputer disekolah, maka ujian nasional nanti menggunakan sistem manual saja” kata Muksir.

Selain itu, lanjut Muksir, untuk menyelenggarakan UNBK setiap sekolah harus menyediakan fasilitas komputer minimal sepertiga dari jumlah peserta.

“Saat ini tercatat hanya SMP 5 Tais saja yang memiliki peralatan komputer tetapi itupun jumlahnya sangat minim,” katanya.

Guna mendukung kelancaran ujian, kat Muksir, Dispendik telah menganggarkan Rp 150 juta dari APBD. Dana tersebut digunakan untuk penjemputan soal mulai dari Polda Bengkulu, penitipan di Polres terdekat, distribusi soal ke sekolah serta untuk penilaian dan operasional.

Terkait peserta yang akan melakukan ujian, pihak Dispendik saat ini tengah melakukan pendataan kepastian jumlahnya. Pihaknya telah mengirimkan surat ke sekolah agar mendata dan mengirimkan kembali jumlahnya.

“Karena biasanya ada siswa yang pindah sekolah ataupun siswa luar yang menuntut ilmu di Kabupaten Seluma,” katanya lagi.

Selanjtunya, pihaknya telah menekankan setiap sekolah agar dapat memberikan materi pelajaran sampai tuntas, bahkan jika diperlukan dapat menggelar tambahan jam pelajaran/les disekolah.

“Dihimbau juga untuk siswa dapat mempersiapkan diri dengan baik, belajar yang rajim serta tetap menjaga kebugaran tubuh supaya dapat memberikan hasil terbaik” tutup Muksir.