Logo

Menguak Sejarah Perjuangan Bengkulu Lewat Lasenas ke-14

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Dengan mempertimbangkan keberadaan tempat bersejarah yang menjadi simbol perekat bangsa di Provinsi Bengkulu, Untuk itu dalam kegiatan Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) ke-14 tahun 2017 yang diselenggarakan Direktorat Sejarah Dirjend Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menunjuk Provinsi Bengkulu sebagai tuan rumah.

Hal ini disampaikan oleh perwakilan Direktorat Sejarah Kemendikbud Jakarta, Triana Wulandari, saat ditemui usai kunjungannya ke Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu, Selasa (7/1/2017).

Ditambahkan Triana, untuk Lasenas ke-14, tema yang diangkat yakni “Merawat Keberagaman Melalui Memori Kolektif Untuk Memperkokoh Karakter Bangsa” dan melalui Lasenas ini akan dikemas cara belajar yang berbeda dan menarik, untuk mengajak anak-anak SMA se-Indonesia menguak nilai-nilai sejarah perjuangan yang ada di Bengkulu.

“Dengan demikian dari diri anak-anak muncul rasa hayat sejarah, sehingga mereka akan merasa peran karakternya akan tumbuh serta mempunyai spirit dan motivasi terhadap bangsa,” tambah Triana.

“Selain itu, dalam Lasenas ini nantinya para peserta juga diminta untuk membuat karya tulis ataupun film dokumenter terkait sejarah yang ada di Bengkulu yang dikenal dengan sebutan Bumi Rafflesia.” tutup Triana.

Direncanakan Lasenas ke-14 di Provinsi Bengkulu akan digelar 15 hingga 17 Mei 2017. Adapun pesertanya akan diikuti oleh lebih dari 200 orang siswa SMA se-Indonesia, masing-masing provinsi mengirimkan 3 orang siswa beserta guru pendamping sejarahnya, ditambah 50 orang siswa perwakilan Provinsi Bengkulu dari setiap kabupaten-kota.(nico)