Logo

Mahasiswa STIA Bengkulu Ramaikan Festival Tabut dengan Bazar Kewirausahaan

BENGKULU – Dosen Pendamping Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu (STIA), Panji Alan Valent menuturkan dalam Festival Tabut 2023  mahasiswa mahasiswi menggelar bazar dengan tujuan mengajarkan mereka untuk langsung melakukan praktek kewirausahaan.

“Jadi para mahasiswa mahasiswi ini melakukan bazar dengan mata kuliah kewirausahaan. Anak-anak semester dua diwajibkan untuk mengambil mata kuliah tersebut, dengan tujuan akhir tidak hanya mendengarkan materi tapi juga praktek,” jelas Panji saat diwawancarai oleh Bengkulunews.co.id Selasa (25/7/23) siang.

Ia juga menegaskan dalam bazar tersebut mengharuskan anak-anak semester dua melakukan praktek kewirausahaan selama kegiatan festival tabut berlangsung. Selain itu Panji mengaku antusias para mahasiswa dalam kegiatan ini sangat besar, sehingga bazar tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Berbagai jenis makanan disediakan dalam bazar tersebut, mulai dari nasi kuning, kerupuk, maupun minuman. Panji berharap dengan adanya praktek kewirausahaan tersebut, dapat membangun pemikiran kepada mahasiwa bahwa mereka tidak hanya bisa menjadi karyawan selepas menerima gelar sarjana tetapi juga dapat mengembangkan usaha sendiri.

Sehingga nantinya mahasiswa dapat bermanfaat bagi sesama, baik mengurangi tingkat pengangguran dan menjadi penyedia lowongan pekerjaan.

“Kita sangat senang ya effort atau usaha mereka mengenai kegiatan ini merubah pemikiran mereka. Tidak hanya dari menerima gelar sebagai sarjana dan mereka bekerja sebagai karyawan saja, tapi juga bisa menjadi seorang wirausaha,” demikian Panji.