Logo

Lomba B2SA Tingkat Provinsi Sukses Digelar di Rejang Lebong

REJANG LEBONG – Kabupaten Rejang Lebong menjadi tuan rumah lomba masakan menu B2SA tingkat provinsi Bengkulu yang dilaksanakan di Aula Diklat Harun Bastari.

Kegiatan ini langsung dibuka oleh Plt gubernur serta dihadiri oleh pejabat penting dari masing masing daerah sepert Bupati Rejang Lebong, Bupati Benteng, Sekda Kepahiang dan seluruh PKK yang ada di Provinsi Bengkulu.

Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Provinsi Bengkulu, Rohidin Mersyah dalam sambutannya menjelaskan bahwa potensi bahan pangan lokal yang ada di Provinsi Bengkulu itu sangat berlimpah. Dengan Bahan pangan yang berlimpah tentunya bisa diolah menjadi makanan yang Beragam, Begizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Rodihin menambahkan bahwa bahan pangan lokal tersebut sudah disediakan di alam sehingga tinggal diolah menjadi bentuk menu yang beragam dan bergizi. Sebelum dikonsumsi, bahan tersebut pastikan periksa dahulu bahan pangannya apakah baik dikonsumsi dan setelah itu olah dengan tampilan yang beragam agar tidak monoton.

Rohidin juga mengimbau untuk mengembangkan pekarangan rumah seluruh masyarakat guna mencukupi Stok Bahan Makanan. Hal itu dikarenakan apabila Stok Bahan Pangan tercukupi maka Ketahanan pangan akan tercapai.

“Ayo mari kita mengolah bahan pangan lokal yang ada di daerah daerah untuk disajikan dalam bentuk menu yang beragam, serta harus mengubah kebiasaan didalam masyarakat agar makanan pokok tidak harus nasi tetapi masih banyak bahan pokok yang lainnya,” pungkas Rohidin, Selasa (17/7/2018).

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Solahudin,SP menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mengolah Bahan Pangan Lokal menjadi olahan yang bervariasi.

Kegiatan ini pula merupakan salah satu ajang promosi kabupaten Rejang Lebong kepada masyarakat se Provinsi Bengkulu. Sola juga mengharapkan sesuai lomba ini masyarakat masih terus mengolah bahan pangan lokal yang ada di daerah menjadi makanan yang variatif sehingga tidak monoton.

Ia juga menjelaskan Rejang Lebong ini sebagai kota wisata, tetapi kota wisata harus dilengkapi dengan masakan yang enak untuk menemani para masyarakat pendatang berwisata, untuk itu ia sangat berharap masyarakat dapat mengolah bahan pangan lokal dengan sebaik mungkin.

“Dengan adanya lomba ini semoga bisa menambahkan kreatifitas masyarakat dalam mengolah pangan lokal menjadi menu yang beragam, bergizi, seimbang dan aman,” pungkasnya.

Pemenang lomba B2SA :
1. Tim PKK Kabupaten Muko Muko
2. Tim PKK Kabupaten Kepahiang
3. Tim PKK Kabupaten Kaur. (Adv)