Logo

Jelang Pemilu, Polres Gelar Patroli Cyber

REJANG LEBONG – Menjelang Pemilu 2019, Polres Rejang Lebong melakukan patroli di Media Sosial (Medsos), guna mencegah dampak yang ditimbulkan dari konten negatif, serta tidak menggangu stabilitas keamanan.

Kabag. Ops. Polres Rejang Lebong, AKP. Ariyansyah menjelaskan bahwa kegiatan tersebut di adakan untuk mengantisipasi adanya sebaran konten negatif menjelang Pemilu 2019 di Medsos.

“Semua media sosial dipantau, guna mencegah adanya kabar hoaks, ujaran kebencian, kampanye hitam hingga SARA,” jelas Ariyansyah, Sabtu (13/10/2018).

Upaya lainnya yaitu dengan jalur penyuluhan. Penyuluhan tersebut bisa dimulai dari keluarga terdekat, tetangga dan masyarakat pada umumnya. Tak hanya itu saja, Satbinmas juga menggandeng pemda dan institusi lain. Serta para anggota juga mendatangi tempat keramaian memberikan pengarahan agar lebih bijak dalam bermedsos.

Bila ditemukan adanya konten negatif maka akan berkordinasi dengan unit lain seperti Reskrim, serta instansi lain seperti Bawaslu dan KPU, guna memastikan apakah ada pelanggaran atau tidak. Menjelang Pemilu biasanya beredar di Medsos ujaran kebencian, SARA dan kampanye hitam atau menyudutkan salah satu peserta Pemilu.

“Sampai sekarang belum terpantau adanya konten negatif seperti itu, mudah mudahan tidak ada,” pungkasnya.