Logo
Dempo Xler

Harapkan Peningkatan Persatuan dan Kesatuan dalam Keberagaman

Harapkan Peningkatan Persatuan dan Kesatuan dalam Keberagaman

 

 

REJANG LEBONG, bengkulunews.co.id- Persatuan dan kesatuan sejatinya harus memang benar terbentuk. Sering kali terjadi perpecahan di tengah masyarakat karena persatuan dan kesatuan yang kurang terbangun.

Sehingga muncul berbagai rencana bagaimana persatuan dan kesatuan dapat terbangun dengan baik.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Rejanglebong, Khaidir S.Sos, MM, mengungkapkan saat ini Kesbangpol  yang menjadi pegangan pengurusan organisasi secara tertulis.

Badan Kesbangpol memiliki wacana dan rencana bagaimana dapat membangun persatuan dan kesatuan dengan menjalankan 4 pilar yaitu Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila, Undang-undang dasar dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami akan mengupayakan untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan dengan menanamkan arti apa itu NKRI,”lanjutnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan untuk membangun persatuan dan kesatuan adalah kegiatan sosialisasi dengan mempertemukan organisasi yang telah tercatat di Kesbangpol.

Selain itu, organisasi yang belum tercatat diterapkan dapat mengurus kembali di Kesbangpol walaupun organisasi nasional yang memiliki cabang di Rejang Lebong maka wajib untuk mengurus perizinan, agar Kesbangpol mudah untuk memantau dan melakukan sosialisasi.

“Kami sudah melakukan sosialisasi  dalam bentuk forum diskusi dan mempererat organisasi yang ada untuk selalu melancarkan komunikasi , sehingga persatuan dan kesatuan dapat terbangun,” ungkap Khaidir.

Keadaan Rejanglebong saat ini, lanjut Khaidir, walaupun terbilang tentram tetapi tetap diantisipasi keberagaman yang ada harus dijaga persatuan dan kesatuan.