Logo

Disdikbud Keluarkan Edaran Larangan Pedagang di Luar Sekolah

Disdikbud Keluarkan Edaran Larangan Pedagang di Luar Sekolah

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Maraknya pedagang di lingkungan sekolah yang menyajikan makanan tidak sehat bagi anak-anak mendapat perhatiaan khusus dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Bengkulu dengan mengeluarkan edaran pelarangan bagi pedagang di luar lingkungan sekolah.

“Kami telah mengeluarkan edaran terkait banyaknya pedagang yang menjajakan dagangannya di luar lingkungan sekolah,” kata Kasubag Umum dan Perlengkapan Dikbud Provinsi Bengkulu, Atik Hermini, saat ditemui di Madelin Hotel, Senin (20/3/2017) sore.

Dikeluarkannya surat edaran ini didasarkan atas banyaknya pedagang yang tidak memperhatikan kesehatan bagi konsumen dalam menjual barang dagangannya.

“Dengan memperhatikan dampak dari makanan yang tidak ‘higienis’ terhadap konsumen yang mayoritas adalah siswa sekolah, maka untuk mengurangi resiko ini kami mengeluarkan edaran tersebut,” jelasnya.

Seperti yang diketahui, debu, formalin serta zat pewarna yang banyak terdapat pada barang dagangan yang dijajakan oleh penjual itu tanpa memperhatikan kesehatan konsumen.

“Di sekolah kan sudah terdapat kantin, jadi untuk para pedagang berjualan melalui kantin sekolah dan tentunya pihak sekolah harus memberikan imbauan kepada pedagang untuk menjual makanan yang memenuhi standar kesehatan pula,” lanjutnya.

Untuk itu, diharapkan kepada seluruh sekolah dapat tegas terhadap pedagang di luar lingkungan sekolah dengan melarang para pedagang demi menjaga kesehatan siswanya.