Logo
Dempo Xler

Capai Target Pajale, Dinas TPHP Bengkulu Utara Kucurkan Rp 8 Miliar dan Alat Pertanian

Darlis

Darlis

Darlis

BENGKULU UTARA, bengkulunews.co.id – Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perternakan (TPHP) Bengkulu utara berupaya meningkatkan target pogram padi, jagung dan kedele (Pajale) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) tahun ini dari tahun sebelumnya. Tahun lalu target tersebut hanya ditentukan pemerintah pusat yakni 100% dan tercapai 109%.

Maka dari itu Dinas TPHP BU melakukan terobosan, seperti memperbanyak perehapan siring kecil ke arah persawahan dan menyuplai alat-alat pertanian, seperti Hand Traktor, Combet dan Cultivator.

Kepala Dinas TPHP BU, Darlis, mengatakan, untuk pembangunan siring ke arah persawahan se-Kabupaten BU menyerap anggaran Rp 8 miliar.

“Itu semua demi meningkatkan sentral padi yang ada di Kabupaten BU ini,” katanya.

Untuk itu, lanjut Darlis, bantuan yang diserahkan nantinya bisa mendorong pertanian, khususnya padi. Pihaknya sudah menyiapkan 10 Hand Traktor dan Cultivator dan alat tersebut sudah ada di gudang. Alat penanam jagung, Mini Traktor dan Combet masih menungggu.

“Harapan kami, ketika itu dibangun seperti siring maupun lainnya, mohon kepada masyarakat bergotong royong untuk merawatnya. Misalnya, merehap siring yang sedikit retak dan juga lakukanlah pembersihan supaya tidak terjadi genangan air yang mengakibatkan jebolnya siring,” ujarnya.

Sama juga halnya dengan alat kerja pertanian, kalau rajin merawat tentu barang tersebut pasti awet dan tahan untuk beberapa tahun.

“Saya tekankan kepada kelompok tani, ketika bantuan tersebut diserahkan jangan merasa itu sifatnya bantuan, tapi anggap saja itu milik pribadi dan rawatlah dengan baik,” terang Darlis.

Ditambahkanya, tujuan pemerintah sangatlah baik terhadap para petani, supaya semuanya sejahtera dan mendapatkan hasil yang melimpah. Tentu pihak dinas merasa bangga dan tidak menutup kemungkinan di tahun berikutnya bisa mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat lagi karena program ini terlaksana dengan baik.

“Pemerintah bangga, para petani pun sejahtera,” tutup Darlis. (prw)