Logo
Dempo Xler

Ujian Sendirian, Siswi SLB ini Tetap Fokus Kerjakan Soal

Tampak siswi SLB  Dharma Wanita Yayasan Bunda Melur sedang fokus mengerjakan soal ujian

Tampak siswi SLB Dharma Wanita Yayasan Bunda Melur sedang fokus mengerjakan soal ujian

Tampak siswi SLB Dharma Wanita Yayasan Bunda Melur sedang fokus mengerjakan soal ujian

KOTA BENGKULU,bengkulunews.co.id – Berbeda dengan pelaksanaan ujian sekolah pada umumnya, Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Wanita Yayasan Bunda Melur di jalan Mangga, Kelurahan Lingkar Timur Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu melaksanakan ujian dengan hanya dihadiri satu orang peserta.

Satu-satunya peserta ini adalah Herlina, salah seorang penyandang Tuna Grahita yang kini dibangku kelas XII, sederajat Sekolah Menengah Atas. Walaupun sendirian, Herlina tetap terlihat fokus mengerjakan soal-soal yang diberikan. Dengan diawasi oleh 2 orang pengawas, Herlina mengaku mengerjakan soal dengan cukup mudah.

“Soalnya mudah, gampang dikerjakan,” katanya, Rabu (12/4/2017).

Sementara itu menurut Sunaryo, Kepala Sekolah SLB, soal yang diberikan tidaklah sama dengan soal Ujian Nasional pada sekolah-sekolah reguler. Khusus penyandang Tuna Grahita, Siswa hanya diberikan soal Ujian Ahir Sekolah (UAS) yang dibuat secara menyeluruh di Provinsi Bengkulu, bukan soal Ujian Nasional.

“UAS cuma mengikuti jadwal UN, Karena anak kita ini Tuna Grahita jadi tidak di UAN kan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sunaryo mengatakan siswa SMA di SLB Dharma Wanita hanya berjumlah 12 orang dari total tiga kelas yang ada. Dalam pelaksanaan ujian, soal yang diberikan kepada siswa menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh siswa.

“Soalnya pilihan ganda, bahasa yg sangat sederhana supaya mudah memahami soal, hari ini semua 40 soal,” tutup Sunaryo.