Logo

Tekad SMKN 7 Kaur, Ciptakan Lulusan Handal Dan Mandiri

KAUR, bengkulunews.co.id – SMKN 7 Technopreneur Merdeka (Mandiri Ekonomi Rakyat Desa Kaur) Desa Bakal Makmur Kecamatan Maje merupakan sekolah kejuruan unggulan di Kabupaten Kaur. Berbekal fasilitas yang mumpuni dan didukung Dinas Pendidikan dan Pemkab Kaur, SMKN 7 bertekad menciptakan siswa-siswinya menjadi lulusan yang handal, mandiri, kompetitif dan berkompeten dalam bidang teknologi. Tidak hanya di Kaur ataupun Provinsi Bengkulu saja, tapi nasional bahkan internasional.

SMKN 7 berdiri di atas lahan seluas 20 hektare dan dilengkapi asrama putra dan putri. Sekolah yang mengedepankan teknologi modern ini ditunjang dengan tenaga ahli dan pengajar profesional. Dengan rincian guru PNS sebanyak 3 orang, 2 orang guru honorer, tim ahli berjumlah 5 orang dan tim pengasuh asrama 7 orang. SMKN 7 memiliki 3 laboratorium, laboratorium teknologi, mocap dan kopi.

Sekolah yang akan dikembangkan untuk menciptakan wirausaha baru ini tidak hanya mengajarkan keterampilan teknis mesin dan teknologi saja. Tapi juga ilmu pertanian, perikanan serta kerajinan lainnya. Wakil Kepala SMKN 7 Syahrial Kusuma, S.Ag mengatakan, sekolah kejuruan ini merupakan bukti kesungguhan dan kerja nyata Pemkab Kaur, Dinas Pendidikan dan instansi terkait lainnya dalam memajukan dunia pendidikan Kaur.

Saat ini, SMKN 7 sudah membuka pendaftaran bagi calon siswa-siswi untuk ajaran baru tahun 2016, yang hingga sekarang jumlah pendaftarannya sudah mencapai 80 orang. Sebagai catatan, wakil kepala sekolah menuturkan, SMKN 7 tidak memungut biaya apapun kepada muridnya. SMKN 7 hanya mengedepankan siswa-siswinya menjadi lulusan yang handal dan mandiri serta kompetitif.

Karenanya Syahrial meminta dukungan dan perhatian semua pihak, baik itu instansi pendidikan di tingkat kabupaten, provinsi, juga pusat serta orang tua murid. “Semoga ke depannya SMK ini menjadi lebih baik lagi untuk menciptakan siswa-siswi berkompeten dan mandiri,” ujar Syahrial.

Harapan, keyakinan dan optimisme terhadap potensi SMKN 7 sebelumnya juga disampaikan Bupati Kaur. Menurutnya, SMKN 7 dikembangkan di Kabupaten Kaur untuk menciptakan wirausaha baru yang nantinya dapat memajukan perekonomian Kaur. Sekolah kejuruan ini juga diharapkan menjadi sekolah percontohan nasional dan dapat dikembangkan di daerah lainnya di Indonesia. (123)