Logo

Tak Layak Dilewati, Jembatan Gantung di Desa Dusun Pulau Rusak Parah

MUKOMUKO – Jembatan Gantung yang terletak di Desa Dusun Pulau, Kecamatan Air Rami, Kabupaten Mukomuko tidak layak lagi untuk dilewati warga. Pantauan bengkulunews dilokasi, kondisi jembatan tersebut sudah rusak parah, bahkan terdapat bagian-bagian jembatan yang terbuat dari kayu itu sudah keropos dan di pinggir jembatan berlobang.

Khairul Darmawi, Kepala Desa Dusan Pulau mengatakan, rehabilitasi jembatan tersebut sangat diperlukan, sebab jembatan tersebut merupakan akses jalur tempat masyarakat untuk mencari hasil tani dan kebun.

“Rehabilitasi jembatan ini sungguh sangat kami perlukan. Ini adalah jalan satu-satunya tempat kami mencari makan, seandainya jembatan ini roboh kami tidak bisa apa-apa. Kami sangat mengharapkan rehabilitasi terhadap pemerintah setempat,”Pinta Darmawi, Senin (24/9).

Ditambahkan Darmawi, akibat jembatan rusak tersebut, ada beberapa petani yang terjatuh ke sungai saat ingin menyebrang. Untungnya kejadian itu tidak menelan korban jiwa.

“Tahun terakhir ini petani setempat pernah jatuh lantaran kayu di jembatan itu sudah rusak parah, untungnya kejadian pada saat itu tidak menelan korban jiwa hanya saja mengalami luka-luka di bagian badan,” paparnya.

Sementara Rio, salah satu petani menambahkan, jembatan gantung ini sudah makan usia dan tidak layak untuk dilewati. Untuk sementara ini, kata Rio penduduk di desa tersebut hanya mengandalkan dana swadaya antar petani yang melewati jalan tersebut agar dapat dilewati.

“Sebenarnya jembatan ini sudah lama dan tidak pernah sama sekali direhabilitasi, untuk saat ini kami hanya mengandalkan dana swadaya antar petani saja untuk melalui jembatan itu,” tutur Rio.