Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Street Art XGO Bengkulu, Pukau Pengunjung Taman Berkas

KOTA BENGKULU – Komunitas seni Bengkulu yang diberi nama XGO (Sego), memukau pengunjung Pantai Taman Berkas pada Sabtu (9/3) dalam perayaan Hari Perempuan Internasional 2019.

Dalam Kegiatan yang bertajuk “Kaum Muda Bengkulu Membincang Kekerasan Seksual” komunitas yang masih terbilang muda ini menampilkan seni teater, drama puisi, seni lukis yang berbau perlindungan wanita dengan penuh penghayatan.

“Ini bentuk partisipasi, tadi sudah ada beberapa penampilan yang kami persembahkan, ini juga sebagai bentuk ekspresi dari kami,” ujar Rama selaku pendiri dan penasehat komunitas XGO.

Lebih lanjut dijelaskan Rama, dalam drama teater yang ditampilkan, komunitasnya mencoba mengungkapkan kepedihan dan sakit hati sekelompok orang yang melihat sahabat perempuannya terlucuti oleh ayah kandungnya sendiri.

Teater tersebut tentunya berdasarkan fakta dan kejadian-kejadian yang kerap kali terdengar di telinga kita, dimana sosok yang menjadi darah daging pun tega menghancurkan masa depan buah hatinya sendiri.

“Dalam adegan tadi, salah satu yang tertangkap ialah ayah dan dua orang yang belum tercoret badannya itu adalah teman dari perempuan tadi, perempuan kita gambarkan dalam bentuk karung, bayangkan kalau itu benar-benar perempuan,” imbuhnya.

Tidak hanya menampilkan seni, beberapa anggota XGO juga memberi kesempatan kepada pengunjung untuk mengungkapkan isi hati mereka lewat gambar maupun tulisan dengan media tubuh mereka sendiri.

Seni yang disebut Body Painting ini merupakan kerjasama XGO dan Seniman Berbakat Bengkulu yang sering disapa Afip. Sebelum pengunjung diberi kesempatan body painting, Afip terlebih dahulu melukis di tubuh komunitas XGO

“Ini dari isi hati teman-teman, buat perlindungan terhadap perempuan, bebas silahkan dilukis disini,” demikian Rama.

Baca Juga
Tinggalkan komen