Logo
Dempo Xler

Saksi Paslon Nomor 3 Tuding Ada Pemilih Eksodus di Pilkada Bengkulu Tengah

Penyerahan hasil pleno

Penyerahan hasil pleno

Penyerahan hasil pleno

BENGKULU TENGAH, bengkulunews.co.id – Saksi Pasangan Calon (Paslon) nomor urut tiga, M Sabri-Naspian, Harius Eko Saputra, sempat memberikan sanggahan dan menuding adanya pemilih eksodus pada proses pencoblosan lalu di rapat terbuka pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Kamis (23/2/2017) pukul 10.00 WIB yang berlangsung di hotel Tahura.

Sanggahan ini saat dibacakannya hasil penghitungan di Kecamatan Pondok Kelapa dan Pagar Jati. Dinilainnya, di daerah itu terdapat 94 pemilih yang menggunakan hak suara dengan menggunakan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) dan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb).

Harius meminta pembuktian langsung kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bersangkutan, karena pemilih yang masuk DPTb Kecamatan Pondok Kelapa itu banyak yang menggunakan e-KTP.

“Saya meminta kepada PPK untuk menunjukkan bukti kebenarannya dan saya juga minta form DPTb untuk arsip dan bahan data,” ungkapnya.

Berdasarkan kesepakatan dari KPU Benteng dan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslu) Benteng, fotokopian data DPTb tersebut akan diberikan, usai pleno.

Tak hanya itu, saat pembukaan C1 pleno perolehan suara pada Kecamatan Karang Tinggi, Harius juga sempat menyanggah adanya amplop C1 pleno yang tidak tersegel. Diakui langsung pihak penyelenggara bahwa itu karena adanya keteledoran dan itu menjadi catatan, kenapa amplop tidak ada segelnya,” ujar Harius.

Terpisah, Ketua KPU Benteng, Asmara Wijaya, menyampaikan seluruh sanggahan dari saksi akan dicatat menjadi kejadian khusus pada acara rapat pleno terbuka.

“Saat itu juga sudah clear. Namun, ini akan menjadi catatan kejadian khusus kami sebagai penyelenggara,” singkatnya.

Pantauan bengkulunews.co.id, dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten, pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabuapten Bengkulu Tengah (Benteng) 2017 dilakukan secara bergantian. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) seluruh kecamatan melalui Komisi Pemilihan Umum (KPU) Benteng membacakan hasil penghitungan suara pada setiap kecamatan.