Logo

Ribuan Mahasiswa IAIN ‘Serbu’ Pelosok Bengkulu

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, melepas 1.383 mahasiswa/i untuk kuliah kerja nyata (KKN), Senin (24/7/2017).

Mereka akan mengabdi diberbagai daerah di pelosok Provinsi Bengkulu. Diantaranya, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, dan Kabupaten Seluma.

Di kabupaten Bengkulu Utara, di Kecamatan Air Napal, Lais, Batik Nau, Ketahun dan Kecamatan Pinang Raya. Lalu, Kabupaten Bengkulu Tengah, di Kecamatan Pondok Kubang. Kemudian, di Kabupaten Seluma, ditempatkan di Kecamatan Air Periukan dan Kecamatan Sukaraja.

Dalam pelepasan mahasiswa/i tersebut, turut hadir Rektor IAIN Bengkulu, Sirajuddin, Wakil Rektor II, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI), Dekan Fakultas Syariah, dan Dekan Tarbiyah.

Ketua panitia KKN, Irwan Satria mengatakan, KKN ini bagian dari proses mahasiswa, untuk mengembangkan ilmu yang didapat di bangku kuliah.

”Ini sebuah prosesi mahasiswa kita untuk mengembangkan ilmunya ketika mereka belajar di kampus,” ujar Irwan. (prw)

Selain itu, Irwan menjelaskan, 1.383 mahasiswa/i ini mengikuti model KKN berbasis masjid. Yaitu, kuliah praktif kolektif, dalam upaya mengembangkan potensi sosial keagamaan dan sosial budaya masyarakat melalui optimalisasi fungsi sosial masjid.

”Model KKN berbasis masjid ini, untuk membantu pemerintah, khususnya pemerintah desa dalam pembangunan bidang keagamaan dan sosial keagamaan islam,” demikian Irwan.