Bengkulu #KitoNian

Ini Pemicu Utama Kebakaran di Kota Bengkulu

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu, Saipul Afandi.
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu, Saipul Afandi

KOTA BENGKULU – Dalam sebulan terakhir tercatat lima kali kebakaran melanda pemukiman warga di Kota Bengkulu. Berdasarkan informasi dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu, mayoritas dari kejadian tersebut disebabkan oleh korsleting listrik. Rata-rata kejadian menimpa pemukiman warga dengan total kerugian mencapai miliaran rupiah.

“Dari lima kasus yang kita terima, penyebab kejadian kebakaran yang terjadi secara umum diakibatkan konsleting listrik yang dengan cepat menjalar,” ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu, Saipul Affandi, Senin (22/1/2018).

“Oleh karena itu, masyarakat harus melakukan pengecekan kembali listrik apabila usia rumah sudah lebih dari 10 tahun,” terangnya.

Saipul menambahkan, kejadian yang berturut-turut ini, membuat Dinas Pemadam Kebakaran (BPK) Kota Bengkulu harus memiliki langkah jitu. Langkah yang telah disiapkan yakni, menyiagakan petugas pemadam di setiap kecamatan, tiga unit mobil damkar yang akan diberangkatkan terlebih dahulu jika ada laporan kebakaran serta tindakan pencegahan berupa, penyebaran lima ribu browsur himbauan kepada warga tentang bahaya kebakaran.

“Kita akan siaga 24 jam disetiap kecamatan, apabila ada laporan kebakaran setidaknya tiga mobil damkar beserta personil harus berangkat terlebih dahulu guna menghindari kebakaran membesar,” ungkapnya.

“Kita juga akan meningkatkan pelatihan-pelatihan serta akan menyebarkan sebanyak 5000 brosur berbentuk himbauan untuk masyarakat,” sambung Saipul.

Kemudian, jelas Saipul, masyarakat juga harus memperhatikan dan mengawasi anak-anak dari jangkauan korek api serta jangan membakar sampah disembarang tempat.

“Masyarakat jangan sembarangan memberikan korek api kepada anak-anak karena bisa berakibat fatal,” tutupnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen